Olahraga Ringan Untuk Jantung Sehat

BLOGONASIS - Sebagai seorang manusia kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita agar bisa beraktifitas secara normal setiap harinya. Tubuh kita sendiri memiliki bagian-bagian yang paling penting yang harus kita jaga diantaranya tangan, kaki, kepala dan terakhir yang paling penting adalah jantung. Percuma saja jika Anda memiliki seluruh bagian tubuh yang sehat namun ternyata jantung Anda bermasalah, yaitu sama dengan Anda memiliki mobil yang terlihat bagus namun mesinnya tidak bisa digunakan.

Olahraga Ringan Untuk Jantung Sehat
Image : spotdokter.com

Jadi untuk itu olahraga amat bermanfaat bagi kesehatan, terutama jantung manusia. Lalu apakah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung ? karena tidak semua olahraga itu pasti baik bagi jantung. Ya, itu semua tergantung dari kesehatan orangnya masing-masing.

Jika Anda orang yang sudah terbiasa olahraga maka aktivitas apapun bagi Anda pasti akan menyehatkan jantung, termsuk olahraga yang sedikit keras dan berkompetisi seperti tennis atau lari. Nah bagi penderita jantung olahraga ini justru dilarang karena seperti memaksakan sebuah mesin untuk bekerja di atas batas maksimalnya, yang akhirnya mesin tersebut akan terbakar dan rusak.

Untuk itu apabila Anda rutin melakukan olahraga, hal ini akan dapat meningkatkan tenaga, melawan kelelahan dan depresi, meningkatkan stamina/daya tahan dan tentunya menjaga kesehatan jantung, juga mengurangi stress, mendorong kekuatan otot-otot serta mempertahankan kekebalan tubuh.

Berikut olahraga yang menyehatkan jantung menurut Dr.Suharto, SpKO,DPH, ;

Jalan Cepat

Selain sebagai cara alami meningkatkan kebugaran tubuh khususnya jantung, juga dapat bekerja lebih baik untuk orang gemuk atau Overweight. Karena membantu mengurangi lemak otot di area dekat sendi.

Senam

Apapun jenis latihan senam, semuanya bermanfaat untuk tubuh yaitu kesehatan, kebugaran dan kecantikan. Syaratnya harus dilakukan dengan benar dan teratur.

Lari

Meski lebih menantang ketimbang jalan, lari adalah aktivitas fisik jantung sehat yang mudah dilakukan. Fungsi lain adalah sebagai pembakar kalori, dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Berenang

Olahragan ini tak hanya meningkatkan denyut jantung dan kesehatannya, air juga mampu memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan otot dan suara. Hal ini dikarenakan berenang mampu membuat seluruh anggota tubuh bergerak.

Bersepeda

Aktivitas bersepeda yang dilakukan minimal 1 kali seminggu, cukup mudah dan murah. Hal tersebut bisa dilakukan di sekitar taman atau kompleks. Kesehatan jantung dan mengencangkan otot-otot tubuh akan lebih optimal.

Artikel lainnya :

0 Response to "Olahraga Ringan Untuk Jantung Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel