Kenali Tanda dan Gejala Ascariasis Pada Si Kecil

Kenali Tanda dan Gejala Ascariasis Pada Si Kecil - Ascariasis adalah infeksi pada usus yang disebakan oleh cacing gelasng parasite. Ascariasis adalah infeksi manusia yang paling umum di seluruh dunia yang disebabkan oleh cacing. Ascariasis jarang terjadi di Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, atau di Negara-negara Eropa. Penyakit ascariasis paling sering terjadi di Negara-negara berkembang yang masyarakatnya hidup dengan sanitasi buruk atau kondisi tempat tinggal yang tidak memenuhi syarat kesehatan.

Kenali Tanda dan Gejala Ascariasis Pada Si Kecil

Tanda & Gejala Ascariasis

Gejala yang biasanya terlihat pada infeksi ringan meliputi.
  • Adanya cacing dalam tinja.
  • Batuk.
  • Kehilangan selera makan.
  • Demam
  • Mengi.
Infeksi yang lebih parah dapat menyebabkan tanda-tanda dan gejala yang lebih serius, termasuk.
Muntah, sesak nafas, perut distensi ( terjadi pembengkakan ), sakit perut atau nyeri perut, penyumbatan usus, penyumbatan saluran empedu ( termasuk hati dan kandung empedu ).

Cara Penularan

Ascariasi tidak menyebar langsung dari satu orang ke orang lain, seseorang terinfeksi jika telur cacing tertelan dan masuk ke dalam tubuh.

Pencegahan

Standar paling penting untuk perlindungan terhadap ascariasis adalah system pembuangan yang aman dan sanitasi limbah manusia yang baik. Khusus di beberapa daerah di dunia yang menggunakan kotoran manusia sebagai pupuk, semua makanan harus di masak hingga matang atau bersihkan dengan larutan yodium yang tepat ( terutama buah dan sayuran ). Anak-anak yang tinggal di daerah yang memiliki sanitasi buruk mungkin perlu di resepkan obat pencegah cacingan.

Pengobatan Profesional

Dokter biasanya akan memberikan resep obat antiparasit untuk membunuh cacing gelang usus. Kadang-kadang tinja akan kembali di periksa sekitar 3 minggu setelah pengobatan untuk memeriksa telur dan cacing. Gejala ascariasis biasanya akan menghilang dalam waktu 1 minggu setelah pengobatan. Meskipun jarang terjadi, terkadang operasi pengangkatan cacing mungkin di perlukan ( khsusunya dalam hal obstruksi usus atau terkait hati atau infeksi perut ). Seorang anak yang memiliki ascariasis harus di evaluasi lebih lanjut untuk memeriksa adanya parasite usus lainnya, seperti cacing kremi.

Pengobatan di Rumah

  • Berikan obat sesuai anjuran dokter. Untuk mencegah infeksi ulang lakukan beberapa hal seperti berikut ini :
  • Pastikan bahwa anak Anda mencuci tangannya dengan baik, terutama setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan.
  • Apakah hewan peliharaan Anda di periksa untuk cacing secara teratur.
  • Jaga kuku anak tetap pendek dan bersih.
  • Mensterilkan pakaian yang terkontaminasi, piyama, dan selimut.
  • Mengevaluasi sumber infeksi. Tindakan sanitasi tambahan dalam atau di sekitar rumah Anda mungkin di perlukan.

Kapan harus menghubungi dokter ?

Jika Anda memiliki salah satu dari gejala ascariasis, segera hubungi dokter. Sampel tinja akan dikirim ke labratorium untuk dilakukan pemeriksaan telur dan cacing serta mengonfirmasikan diagnosis. Hubungi dokter jika gejala tidak membaik dengan pengobatan atau jika gejala baru terjadi.

No comments:

Post a Comment