Intoduction – Apa Itu Geriatri ?

Intoduction – Apa Itu Geriatri  ? - Geriatri merupakan cabang ilmu dari gerontologi dan kedokteran yang mempelajari kesehatan pada usia lanjut (usila ) dalam berbagai aspek diantaranya, preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif.

Perkembangan geriatri baru terjadi pada abad ke-20 sesuai dengan perkembangan gerontologi. Sampai saat ini geriatri berkembang pesat di seluruh dunia dan lambat laut akan meningkat dan bertambah penting karena jumlah usila semakin bertambah dan maslah pada usila juga semakin rumit dan kompleks.

Geriatri di Indonesia baru mulai berkembang . pada prinsipnya mengusahakan “ masa tua yang berbahagia dan masa tua yang berguna “ sehingga tidak menjadi beban bagi masyarakat yang  mencakup upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Usaha preventif dan promotif yang baik akan mengurangi masalah-masalah kuratif dan rehabilitatif yang memerlukan dana yang tidak sedikit dan penatalaksanaan yang cukup rumit.
Seorang usia lanjut yang sakit belum tentu merupakan pasien geriatri. Geriatri mempunyai ciri-ciri antara lain menurunnya daya cadangan faali, jumlah penyakit yang diderita lebih dari satu ( multipatologi ), tampilan gejala dan tanda-tanda biasanya tidak spesifik lagi, disertai penurunan kemampuan aktivitas hidup sehari-hari dan adanya malnutrisi. Pada pasien geriatri biasanya terdapat pula maslah psikologik dan sosial.

Pasien usia lanjut adalah mereka yang berusia 60 tahun atau lebih yang menderita satu macam penyakit. Jadi pasien usia lanjut belum tentu pasien geriatri.

Berikut ini adalah pengelompokan usila dalam beberapa tipe yang tergantung pada karakter, pengalaman hidup, lingkungan dan kondisi fisik, mental, sosial dan ekonominya diantaranya :
  • Tipe Optimis – santai dan riang ( the rocking chairman = tipe kursi goyang ).
  • Tipe Militan dan Serius ( The armoured man )
  • Tipe Marah – Frustasi ( the angry man )
  • Tipe Putus Asa, benci pada diri sendiri dan ingin mati ( the selfhating man ).
Dengan mengenali tipe usia lanjut yang kita hadapi, maka dapat kita hindari kesalahan/kekeliruan dalam pendekatannya. Ke empat tipe diatas hanya merupakan suatu pedoman kasar. Dalam prakteknya banyak tipe usia lanjut yang kita temui. Analisa psikologi dalam hal ini menjadi dasar utama kita dalam melakukan pendekatan.

No comments:

Post a Comment