Tips Mengatasi Migrain dengan Makanan Tepat

Ragam Info Sehat - Salah satu jenis sakit kepala yang banyak dikeluhkan saat ini adalah sakit kepala sebelah atau dikenal dalam bahasa medis dengan nama migrain. Serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Penderita migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik dan biasanya juga disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan. Hal ini tentu sangat mengganggu dan bisa menghambat segala aktifitas si penderita.

Kata migrain berasal dari bahasa Yunani yaitu hemicrania ( hemi = setengah, cranium = tengkorak kepala ). Serangan sakit kepala migrain dapat terjadi beberapa kali seminggu, dengan lama serangan biasanya 1-2 jam. Migrain atau sakit kepala sebelah sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, diperkirakan jenis sakit kepala ini disebabkan karena adanya hiperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses imflamasi ( luka radang ).

Migrain merupakan suatu gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi kualitas hidup. Nyeri berdenyut di salah satu sisi kepala tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung dua kali lipat, juga penyakit kardiovaskuler lainnya seperti stroke dan tekanan darah tinggi.

Migrain dapat diatasi dengan cara mengomsumsi 5 jenis makanan berikut.


BROKOLI
Ketika kadar magnesium berkurang, tubuh biasanya akan mengalami ketegangan otot dan migrain. Komsumsi makanan mengandung ribovfavin seperti brokoli, membantu menyeimbangkan kebutuhan magnesium sehingga meredakan keluhan-keluhan yang muncul.

YOGURT
Kandungan vitamin B dalam usus fermentasi ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fungsi-fungsi tubuh, seperti pertumbuhan dan pembelahan sel. Vitamin yang dikenal sebagai riboflavin ini berperan menambah cadangan energi dan membebaskan kepala dari nyeri.

TELUR
Kandungan protein dalam telur membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah, dan memberi tubuh energi untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari tanpa gangguan sakit kepala. Sajikan telur sebagai menu sarapan pembuka hari Anda.


BAYAM
Kekurangan magnesium biasanya menjadi biang keladi munculnya migrain, seperti yang biasa terjadi menjelang masa menstruasi pada wanita usia subur. Bayam, sebagai makanan mengandung magnesium dan kaya meineral, cukup membantu mengatasi gangguan ini.

SUSU RENDAH LEMAK
Minuman kaya akan kalsium ini membantu mengatsi ketegangan pembuluh darah, yang mempengaruhi transmisi inpuls saraf. Seperti kita tahu, terganggunya aliran ini bisa mengakibatkan kepala berat dan berdebar-debar.

Demikian beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi serangan sakit kepala sebelah atau migrain, bila keadaan belum juga membaik dengan mengomsumsi makanan diatas Anda juga perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Salam Sehat

0 Response to "Tips Mengatasi Migrain dengan Makanan Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel