Penyakit Hepatitis B dan Pengobatannya

RAGAM INFO KESEHATAN - Penyakit Hepatitis B merupakan penyakit hati yang disebabkan oleh " Virus Hepatitis B " ( VHB ). Penyakit Hepatitis B dapat menyebabkan peradangan hati akut ataupun menahun ( kronis ). Penyakit Hepatitis B juga dapat berlanjut menjadi sirosis hati ( sirosis hepatis ) dan kanker hati ( hepatoma ).

Penyebab Hepatitis B ternyata tidak semata-mata virus. Keracunan obat, dan paparan berbagai macam zat kimia seperti karbon tetraklorida, clorpromazine, chloroform, arsen, fosfor, dan zat-zat lain yang digunakan sebagai obat dalam industri modern, bisa juga menyebabkan Penyakit Hepatitis B. Zat-zat kimia ini bisa saja tertelan, terhirup atau diserap melalui kulit penderita.

Menetralkan suatu racun yang beredar di dalam darah merupakanpekerjaan dari organ hati ( hepar ). Jika banyak zat kimia beracun yang masuk ke dalam tubuh, bisa menyebabkan kerusakan hati sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai organ penetral racun-racun tersebut.

Gejala Penyakit Hepatitis B


Pada umumnya gejala penyakit hepatitis B terlihat ringan. Gejala tersebut dapat berupa selera makan berkurang atau hilang, rasa tidak enak di perut, mual sampai muntah, demam ringan, kadang-kadang disertai dengan nyeri sendi dan bengkak pada perut kanan atas.

Setelah satu minggu, akan timbul gejala utama seperti bagian putih pada mata akan tampak kuning, kulit seluruh tubuh tampak kuning, dan air seni berwarna cokelat seperti teh.

Hepatitis B merupakan penyakit hepatitis yang paling serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Penderita hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua golongan umur termasuk anak-anak.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan virus hepatitis B ini menular.


  • Secara vertikal, cara penularannya terjadi dari ibu yang mengidap virus hepatitis B kepada bayi yang dilahirkannya, yaitu pada saat persalinan atau setelah persalinan.
  • Secara horisontal, dapat terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama, serta hubungan se**ual dengan penderita.

Pengobatan Penyakit Hepatitis B


Hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus, menyebabkan sel-sel hati mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pada umumnya, sel-sel hati dapat tumbuh kembali apabila kerusakan hanya sedikit, tetapi penyembuhannya memerlukan waktu berbulan-bulan dengan diet dan istirahat yang cukup.

Pencegahan Penyakit Hepatitis B

Cara paling mudah mencegah Penyakit Hepatitis B dengan melakukan vaksinasi. Semula vaksinasi hepatitis B di buat dari darah manusia. Kini vaksin hepatitis B dibuat secara artfisial, tanpa menggunakan produk darah, sehingga bebas dari kemungkinan penularan hepatitis B dan AIDS. Vaksin baru ini aman dan efektif. Vaksinasi dilakukan dalam tiga tahap penyuntikan selama enam bulan untuk mendapatkan kekebalan tubuh.

Baca juga " Infeksi Hepatitis Virus " dan " Beberapa pertanyaan seputar Penyakit Hepatitis " semoga ada manfaatnya. salam Sehat

No comments:

Post a Comment