Apa Itu Tumor ? Baca Lebih Lanjut

DEFINISI TUMOR - Mungkin kata " Tumor " Tidak asing di telinga Anda, banyak yang mendeskripsikan tumor itu seperti daging tumbuh, kanker dan lain sebagainya. pada dasarnya apa yang disebutkan diatas tidak salah, namun Anda perlu mendapatkan pemahaman dan informasi yang lengkap seputar penyakit tumor, agar Anda dapat mencegah dan mampu mendeteksi lebih dini penyakit ini.

Berikut ini beberapa pengertian tumor yang di rangkum dari berbagai sumber, semoga bisa membantu Anda untuk mengenal lebih dekat penyakit ini.

Seperti yang dilansir dari Situs Wikipedia, pengertian tumor adalah sebagai berikut " Tumor atau barah (bahasa Inggris: tumor, tumour) adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya, yang mirip dengan simtoma bengkak. Tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti "bengkak". Pertumbuhannya dapat digolongkan sebagai ganas (malignan) atau jinak (benign). Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi " ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tumor )

Dari pengertian diatas, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi tentang tumor,  check listnya sebagai berikut.

  • Ada lesi atau pertumbuhan sel yang tidak semestinya ( abnormal )
  • Ada pembengkakan
  • Pertumbuhan sel bisa jinak ataupun bersifat keganasan ( kanker ).
  • Tumor ganas bersifat menyebar ( metastase ) ke jaringan yang sehat.
  • Tumor jinak tidak menyebar ke jaringan yang sehat.

Apa Saja Jenis Tumor ?

Jika di dasarkan atas tissue awal, tumor dapat di bagi dan di kategorikan sebagai berikut.
  • Tumor Asal Ephitelial yang terdiri dari :
Basal cell (hanya di kulit): basal cell carcinoma
Glandular epithelium: adenoma, cystadenoma, adenocarcinomaTubules epithelium (ginjal): renal tubular adenoma, renal cell carcinoma (Grawitz tumor)
Hepatosit : hepatocellular adenoma, hepatocellular carcinoma
Bile ducts epithelium : cholangiocellular adenoma, cholangiocellular carcinoma
Melanosit : melanocytic nevus, malignant melanoma
Squamous epithelium : squamous cell papilloma, squamous cell carcinoma
Transitional epithelium : transitional cell papilloma, transitional cell carcinoma
  • Tumor asal mesenchymal :
Tissue Berhubungan :
chondroma, chondrosarcoma
osteoma, osteosarcoma (osteogenic sarcoma)
lipoma, liposarcoma
fibroma, fibrosarcoma
myxoma, myxosarcoma
Otot :
leiomyoma, leiomyosarcoma
rhabdomyoma, rhabdomyosarcoma
Endothelium :
hemangioma (capillary h., cavernous h.), glomus tumor, hemangiosarcoma, Kaposi sarcoma
lymphangioma, lymphangiosarcoma
  • Tumor Sel Germ
Teratoma (mature teratoma, immature teratoma)
  • Tumor Sel Darah
lymphoid cells: non-Hodgkin lymphoma, Hodgkin lymphoma
hematopoietic cells: leukemia
Penyebab umum terbentuknya tumor sebagai akibat mutasi DNA, mutasi yang kemudian mengaktifkan onkogen atau menekan gen penahan tumor sehingga pada akhirnya terjadilah tumor. Sel memiliki mekanisme yang memperbaiki DNA dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel untuk menghancurkan dirinya melalui apoptosis bil DNA rusak terlalu parah. Mutasi yang menahan gen untuk mekanisme ini dapat juga menyebabkan kanker. Sebuah mutasi dalam satu oncogen atau satu gen penahan tumor biasanya tidak cukup menyebabkan terjadinya tumor. Sebuah kombinasi dari sejumlah mutasi dibutuhkan.

Penuaan menyebabkan lebih banyak mutasi di DNA mereka. Ini berarti "prevalence" tumor meningkat kuat sejalan dengan penuaan. Ini juga kasus di mana orang tua yang terdapat tumor, kebanyakan tumor ini merupakan tumor ganas. Contohnya, bila seorang wanita berumur 20 tahun memiliki tumor di dadanya kemungkinan besar tumor ini adalah jinak. Namun, apabila wanita berumur 70 tahun makan kemungkinan besar tumor ini adalah ganas.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian dan jenis-jenis tumor secara umum, semoga  bisa menambah wawasan Anda tentang tumor. ( Original resources : http://id.wikipedia.org/wiki/Tumor )

0 Response to "Apa Itu Tumor ? Baca Lebih Lanjut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel