7 Tips Mudah Merawat Motor Injeksi

Anda memiliki kendaraan motor jenis injeksi di rumah ? hampir semua kendaraan roda dua saat ini sudah beralih ke teknologi terbaru motor jenis injeksi, karena dianggap lebih simpel dan lebih mudah untuk dikendarai, dimana semua kendali baik itu gas dan sistem pengereman menggunakan kedua tangan, berbeda dengan motor jenis yang lama dimana kedua tangan dan kedua kaki mempunyai peranan yang sama pentingnya.Inilah yang menjadi salah satu alasan banyak orang beralih ke teknologi motor injeksi ( sistem pembakaran injeksi ).


Tapi apakah Anda sudah mengetahui cara merawat motor  injeksi ? ini penting untuk diketahui agar kendaraan Anda tetap terawat dan awet bertahun-tahun.

Berikut ini beberapa tips merawat motor injeksi

Selalu Cek dan Ricek Kondisi Aki

Sepeda motor injeksi sangat tergantung pada aki untuk sistem pengapian dan pembakarannya.Oleh karena itu selalu cek aki motor, terutama air aki, bila kurang tambahkan air aki yang banyak dipakai dipasaran.

Selalu Gunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah akan mempengaruhi kinerja mesin motor, selalu gunakan bahan bakar yang berkualitas baik, dan hindari menggunakan bahan bakar yang dijual di eceran, karena kualitasnya belum tentu terjamin.Gunakan bensin dengan nilai oktan diatas 90% sesuai rekomendasi dari pabrik dan produsen motor.Nilai oktan yang rendah akan mempengaruhi mesin motor injeksi, dan dalam pemakaian jangka waktu tertentu akan menimbulkan karat pada mesin, sehingga akan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin.

Perawatan ECU

ECU ( Electronic Control Unit ) merupakan merupakan perangkat keras ( Hardware ) yang merupakan otak dari sistem operasi motor injeksi.ECU adalah pusat kendali bahan bakar yang dikeluarkan melalui throttle body.Perintah dari ECU didasarkan dari sensor yang diatur sedemikian rupa.Jika ECU mengalami kerusakan sudah dipastikan mesin motor tidak akan bisa dihidupkan.lakukan perawatan ECU secara berkala ke mekanik yang profesional.

Perawatan Throttle Body

Throttle body sangat identik dengan karburator pada motor non injeksi.Keluarnya bahan bakar melalui throttle body dikendalikan oleh ECU ( Sistem Komputer ).Lakukan perawatan secara berkala dengan mekanik yang ahli dibidangnya.

Perawatan Busi

Rawatlah busi secara berkala untuk memaksimalkan bensin di ruang pembakaran.Pasti Anda sudah tahu jika busi motor rusak, mesin tidak akan bisa dihidupkan.

Jangan Menggunakan Aksesori Lampu Yang Berlebihan

Penggunaan aksesoris berupa lampu-lampu yang berlebihan akan menambah beban dan kerja aki sehingga akan mudah rusak.Juga dapat menyebabkan sistem kerja ECU ( Electronik Circuit Unit ) tidak maksimal.

Selalu Periksa Bensin Tangki.

Jangan pernah membiarkan tangki bensin kosong pada saat mesin menyala ( saat dikendarai ).hal ini akan membuat ECU cepat rusak, selalu periksa bensin dan selalu isi bahan bakar bensin jika tersisa 1/4 tangki.

Demikian beberapa tips perawatan motor injeksi, semoga memberikan manfaat bagi pengguna jenis motor injeksi.

0 Response to "7 Tips Mudah Merawat Motor Injeksi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel