Mengenali Keluhan Pilek Pada Anak

RAGAM INFO KESEHATAN - Pilek merupakan salah satu penyakit yang sering di derita oleh bayi dan balita. Jika Anak balita terkena pilek 6 hingga 8 kali dalam setahun, itu masih dianggap bukan gejala dari penyakit tertentu. Tetapi apabila pilek dalam sebulan lebih dari 2 kali, Anda perlu waspada, kemungkinan sebagai gejala penyakit yang lebih serius.

Umumnya, kecendrungan trejadinya pilek pada bayi dan balita akan menurun seiring dengan bertambahnya usia anak. Hal sangatlah wajar karena bertambahnya usia anak akan membuat sistem pertahanan tubuh yang dimiliki semakin baik. Akan tetapi, sistem pertahanan tubuh juga akan baik apabila asupan gizi anak adekuat serta pola istirahat yang teratur.

Pilek merupakan bentuk gangguan kesehatan yang terdapat pada sistem pernapasan ( saluran pernapasan bagian atas ) yang juga di golongkan dalam penyakit ISPA. Penyebabnya yang palin sering ada dua macam, yakni bisa karena infeksi atau alergi.

Apa gejala khas dari pilek ?

Gejala pilek ini ditandai dengan demam, hidung tersumbat, sakit kepala, hidung tersumbat, serta tubuh pegal-pegal atau ngilu. Akan tetapi biasanya balita tidak dapat mengungkapkan gejala ini.

Bagaimana Cara Pengobatan  pada Balita ?

Pilek biasanya bisa sembuh dengan sendirinya jika keadaan umu anak baik, asupan gizi, adekuat, sehingga sistem pertahanan tubuh anak yang baik akan dengan mudah menghalau penyakit pilek yang dideritanya, Anda tidaklah dianjurkan memberikan obat atau antibiotika.

No comments:

Post a Comment