Mengenal Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak

RAGAM INFO KESEHATAN - Penyakit Radang Tenggorokan umumnya banyak di derita oleh anak-anak. Penyebabnya dapat berupa virus maupun bakteri. Virus dan bakteri memiliki kesamaan dalam memberikan gejala. Keduanga sama-sama menyebabkan peningkatan suhu tubuh si kecil ( demam ) sampai lebih dari 38 derajat celsius. Akan tetapi, gejala-gejala yang menyertainya sangatlah berbeda.

Apa saja gejala radang tenggorokan pada anak atau balita ?

Beradasarkan penyebabnya, gejala radang tenggorokan adalah sebagai berikut :
Virus
Bakteri
·         Bersin
·         Batuk
·         Suara serak
·         Mata merah
·         Sariawan
·         Diare
·         Selesma
·         Pembengkakan pada kelenjar leher ( bila diraba seperti kacang polong di bawah kulit ).
·         Amandel terlihat berwarna merah dan bengkak
·         Sakit kepala
·         Sakit perut
·         Nafsu makan menurun
·         muntah

Bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan yaitu Streptococcus grup A. Penyakit ini biasanya menyerang anak diatas usia 3 tahun. Infeksi bakteri lebih besar dialami anak yang sudah bersekolah.

Bagaimana cara penanganan Radang Tenggorokan pada Anak ?

Penanganan radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri atau bakteri berbeda. Kalau penyebabnya bakteri, anak dapat diobati dengan memberikan antibiotik jenis penisilin. Namun, bila anak alergi penisilin, dokter akan memberikan obat lain.
Anak yang menderita radang tenggorokan yang disebabkan oleh jenis virus, anak biasanya kan sembuh dengan sendirinya. Hal ini karena daya tahan tubuh anak secara bertahap terus meningkat. Oleh karena itu, anak harus cukup istirahat, asupan nutrisi yang adekuat, serta minum cairan yang cukup. Jika timbul mual karena terlalu banyak minum air putih, bisa di ganti dengan jus buah. Apabila anak masih sulit menelan, dapat diberikan makanan yang lembut. Obat dapat diberikan jika anak mengalami demam.
Anda perlu segera membawa anak ke dokter, apabila sakit tenggorokan sudah berlangsung lebih dari lima hari dan timbul gejala lainnya. Seperti ruam perut, dada, dan tangan, serta kaki berwarna merah dengan permukaan kasar. Gejala tersebut menunjukkan anak menderita Scarlet’s Fever. Bakteri Streptococcus memang dapat menyebabkan Scarlet’s Fever pada sebagian anak.

Cara pencegahan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat ditularkan penderita ke orang lain. Misalnya apabila Anda sedang radang tenggorokan gunakan masker. Masker ini dapat mencegah penularan virus ke anggota keluarga lainnya.
Selain itu, sering-seringlah mencuci tangan, terutama sebelum memegang peralatan makan anak. Menjaga kebersihan dan meningkatkan daya tahan tubuh merupakan cara ampuh untuk menghindari penularan penyakit  ini.

No comments:

Post a Comment