Mengenal Nevus Pigmentosus

TUMOR JINAK - Dalam bahasa Indonesia Nevus Pigmentosus disebut juga “ tahi lalat “, terdapat 6 jenis tahi lalat ( Nevus Pigmentosus ) yang di jelaskan sebagai berikut.

 Nevus Pigmentosus
 Nevus Pigmentosus

Junctional Naevi

Sel nevus terdapat pada kedua sisi epidermal junction, lesi berbatas tegas, permukaannya rata atau sedikit meninggi, dijumpai terutama pada bayi, dapat mengenai seluruh tubuh, tetapi tersering di telapak tangan, kaki atau organ kela*min ( pada perhubungan dermis dengan epidermis ).
Warnanya muda hingga coklat. Sering menjadi ganas dan ukuran lesi dari beberapa mm hingga cm.

Tindakan bedah biasanya di lakukan apabila

  • Junctional naevu terletak pada membran mukosa, genitalia atau daerah yang sering terkena iritasi ( rangsangan ) berulang.
  • Pada kehamilan, bila junctional naevi baru timbul atau lesih yang ada bertambah besar.
  • Junctional naevi yang terjadi pada usia tua
  • Terdapat tanda-tanda peradangan, warna bertambah hitam, pigmen tersebar keluar dari lesi, eritema mengelilingi lesi, perdarahan atau ulserasi. Penanganannya dengan elektrolisis atau elektrodesikasi, dan eksisi radikal.

Nevus Intradermal

Nevus lebih lunak, berbentuk nodulus, berwarna coklat hingga hitam, terletak pada dermis, dapat mengenai seluruh bagian tubuh, kadang-kadang ditumbuhi bulu dan jarang menjadi ganas. Dijumpai pada orang dewasa. Penanganannya biasa dilakukan dengan eksisi, terutama bila mengganggu secara cosmetis.

Compound Naevi

Merupakan gabungan antara junctional naevi dengan intradermal naevi. Terdapat pada pertemuan dermis dengan epidermis atau di dermis aja, dan kecendrungan menjadi ganas. Lesi dapat berbentuk nodulus atau mendatar, berwarna coklat muda hingga coklat. Kriteria pengobatan junctional naevi dapat di pakai pada compound naevi. Terapinya dengan eksisi radikal.

Melanoma Jinak Juvenilis

Terdapat terutama pada anak-anak dan remaja ( juvenilis ). Bertumbuh dengan cepat. Terletak terutama pada wajah, berbentuk benjolan atau nodulus lunak dengan diameter sekitar 6-8 mm dan berwarna kemerahan. Secara mikroskopis mirip dengan melanokarsinoma. Tidak bermetastase. Penanganannya dengan melakukan eksisi dan aspirasi biopsi ( untuk pemeriksaan patologi anatomi ).

Nevus Biru

Lesinya kecil, berbatas tegas, berbentuk bulat, berwarna biru tua hingga biru kelabu. Nevus ini dijumpai pada anak-anak , dengan lokalisasi pada wajah, leher, tangan, lengan.

Giant Hairy Naevi

Semua nevus yang telah disebutkan diatas berasal dari sel-sel melanosit yang bertumpuk. Giant Hairy Naevi bersifat kongenital. Terutama terdapat di wajah dan seluruh tubuh. Lesi dapat luas dan multipel serta ditumbuhi rambut. Lesi ini mendapat perhatian khusus sebab : lesinya luas/ lebar-yang paling besar dapat mengenai hampir seluruh badan, mudah menjadi ganas, sering berhubungan dengan penyakit Von Recklinghausen ( neurofibromatosis ), dapat bermatastasis.

Giant Hairy Naevi yang luas dibiarkan saja. Sedang bila tidak begitu luas dapat dilakukan eksisi dan tandur alih kulit ( transplantasi kulit )

No comments:

Post a Comment