Mengenal Hemangioma - Tumor Pembuluh Darah

TUMOR PEMBULUH DARAH - Hemangioma merupakan jenis tumor pada pembuluh darah, yang akan di bicarakan disini ada 3 jenis yakni, hemangioma Berinvolusi, hemangioma tak berinvolusi dan hemabgioma kavernosa.

Mengenal Hemangioma - Tumor Pembuluh Darah
Gambar  Hemangioma - Tumor Pembuluh Darah

Hemangioma Berinvolusi

Merupakan tumor yang paling sering terjadi pada anak, terdapat 95% pada bayi dan anak, serta berbentuk bercak datar. Muncul pada usia 2-3 minggu, pertumbuhannya cepat yaitu 4-5 minggu, berwarna merah. Tumor ini berasal dari sel endotel ( epitel pembuluh darah ). Tumor ini mengalami involusi sempurna pada usia 3-7 tahun. Tumor ini tidak perlu di lakukan terapi, sebab berevolusi sendiri. kalau perlu lakukan eksisi pada jaringan parut.

Hemangioma Tak Berinvolusi

Hemangioma jenis ini muncul sejak lahir dan perkembangannya sejalan dengan perkembangan anak. Bentuknya sama dengan hemangioma berinvolusi. hemangioma tak berinvolusi dapat tumbuh pada seluruh tubuh terutama pada wajah, sering menyebabkan gangguan kosmetis dan fungsional. Bentuk yang paling sering adalah port wine stain ( seperti tumpahan anggur ). Secara mikroskopis hemangioma ini terdiri atas kapiler berdinding tipis.

Penanganannya sukar dan hasilnya kurang memuaskan. Bila lesinya kecil , maka bisa dilakukan eksisi, sedang pada lesi yang luas dapat dilakukan radioterapi tetapi sering merusak jaringan di sekitarnya.

Hemangioma Kavernosa

Hemangioma ini terdiri atas kumpulan vena-vena yang berkelok-kelok, lesi agak meninggi/menonjol dari permukaan kulit, warnanya keabu-abuan hingga kebiru-biruan, dan secara mikroskopis terdiri atas sinus vaskular yang berdilatasi dan pembuluh berisi darah. Kelainan ini dapat mengenai semua bagian tubuh, tetapi yang tersering adalah pada wajah dan leher. Selain itu kelainan ini juga dapat mengganggu fungsi normal.

Bila lesinya kecil dan atau keadaan memungkinkan maka dilakukan eksisi radikal. Pada kebanyakan kasus yang melibatkan jaringan yang lebih dalam seperti tulang, otot, tidak dapat dilakukan insisi lengkap. Tidak dapat dilakukan pengobatan pembedahan.

Radiasi sinar - X atau radium tidak bermanfaat, sebab pembuluh darah merupakan jaringan yang tidak sensitif ( peka ) terhadap radiasi.

No comments:

Post a Comment