Kenali Tanda dan Gejala Syok Septik

Kenali Tanda dan Gejala Syok Septik - Seringkali septikemia disebabkan oleh bakteri gram negatif, meskipun sesekali dapat disebabkan oleh bakteri gram positif. Faktor yang meningkatkan kepekaan terhadap infeksi bakteri akan mempermudah timbulnya syok septik, misalnya trauma, diabetes mellitus, penyakit-penyakit hematologis, dan pengobatan dengan kortikosteroid.


Apa Saja Tanda dan Gejala Syok Septik ?

Infeksi yang timbul mungkin tidak begitu jelas. Pasien menjadi bingung dan gelisah pada stadium awal. Timbul demam, hipertensi pulmonal, hiperventilasi dan oliguria hingga anuria.
Pada pemeriksaan laboratorium terdapat glukosuria, hiperglikemia, alkalosis respirasi, hemokonsentrasi ( pemekatan darah ).

Pengobatan dan Tindakan

Biasanya dokter akan memberikan cairan per infus dan antibiotika dengan dosis setinggi mungkin, spektrum luas, dan tergantung hasil biakan dan tes sensivitas. Disamping itu juga diberikan perawatan suportif dengan memperbaiki pernafasan. Kortikosteroid tidak dianjurkan sebab efek dan mekanisme kerjanya tidak jelas. Lakukan drainase bila ditemukan abses atau pusat peradangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel