Kenali Sejuta Khasiat dan Manfaat Herbal Kencur

Kencur ( Kaempferia galanga ) digolongkan sebagai tanaman empon-empon yang memiliki daging buah paling lunak dan tidak berserat
Kencur ( Kaempferia galanga ) digolongkan sebagai tanaman empon-empon yang memiliki daging buah paling lunak dan tidak berserat. Kencur merupakan jenis terna kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tadanhnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Rimpang kencur mempunyai aroma yang spesifik. Daging buah kencur berwarna putih dan kulit luarnya berwarna cokelat. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2 – 3 lembar dengan susunan berhadapan. Bunganya tersusun setengah duduk dengan mahkota bunga berjumlah antara 4 – 12 buah, bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan. Kencur tumbuh dan berkembang pada musim tertentu, yaitu musim penghujan. Kencur ditanam dalam pot atau kebun yang cukup mendapat sinar matahari, tidak terlalu basah dan di tempat terbuka. Umunya bagian yang digunakan sebagai herbal adalah rimpang.

Kandungan kimia : Minyak atsiri, pati, dan alkaloid.

Khasiat : Kencur mempunyai keistimewaan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti radang lambung, influenza, masuk angin, sakit kepala, batuk, diare, hilangkan kotoran, memperlancar haid, dan mata pegal.

Cara Penggunaan dan Pemakaian sesuai dengan penyakit dapat dilihat sebagai berikut :

Radang lambung
  • 2 rimpang kencur yan telah dikuliti dan dicuci hingga bersih kemudian dikunyah. Ditelan airnya, ampasnya jangan lupa dibuang, kemudian minum 1 gelas air putih dan diulangi hingga sembuh.

Influenza
  • I rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus, ditumbuk halus kemudian ditambahkan beberapa sendok air hangat, lalu dioleskan pada seputar hidung.

Masuk angin
  • 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dikuliti, lalu dimakan dengan garam secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih. Dapat dilakukan 2 kali sehari.

Sakit Kepala
  • 2 – 4 lembar daun kencur ditumbuk halus, lalu dioleskan ( dikompres/pilis ) pada dahi.

Batuk
  • 2 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. diminum dengan tambah garam secukupnya.
  • 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dikuliti dan dikunyah. Airnya ditelan dan ampasnya dibuang. Lakukan tiap pagi secara rutin.

Diare
  • 2 rimpan kencur sebesar ibu jari dan 2 siun bawang  merah ditumbuk hingga halus, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar beberapa saat. Lalu dioleskan pada perut sebagai bedak.2 rimpang kencur diparut dan ditambah garam secukupnya. Lalu dioleskan pada perut sebagai bedak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel