Keuntungan Perawatan Bayi Bergabung ( Rooming in )

Mungkin Anda sering mendengar dan melihat di rumah sakit atau rumah bersalin yang berupaya meningkatkan pelayanan pada persalinan,dengan cara  perawatan bayi bergabung ( rooming in) Bayi-bayi baru lahir tidak lagi ditempatkan di kamar khusus bayi, melainkan satu kamar dengan ibunya.Jadi di sebelah tempat tidur ibu disediakan pula boks untuk bayi yang baru lahir ini.Ada pula yang masih menempatkan bayi di ruangan khusus untuk bayi, sehingga pada waktu-waktu tertentu bayi ditempatkan satu ruangan dengan ibunya.

http://blogonasis.blogspot.com
Rooming In

Sayangnya, perawatan bayi bergabung yang sebenarnya yang mempunyai beberapa keuntungan ini kadang-kadang terhambat pelaksanaannya justru dari pihak ibunya sendiri.Terutama ibu yang mengharapkan semuanya tahu beres, tidak mau repot-repot karena merasa sudah membayar mahal.

Mengapa harus bersusah-susah bangun dimalam hari menyusui bayi, bukankah lebih nyaman tidur dan bayi akan diberi minum susu botol oleh perawat ?

Apa sebenarnya keuntungan Perawatan bayi bergabung ( rooming in ) ? beberapa keuntungannya dapat dilihat berikut ini.

Meningkatkan ASI

Salah satu keuntungan sistem perawatan bayi bergabung, memungkinkan ibu dapat memberikan ASi ( air susu ibu ) setiap saat bayi memerlukan.Hal ini tentu berbeda-beda bila bayi dirawat dalam ruangan khusus untuk bayi, sebab kesempatan ibu untuk menyusui bayi tergantung pada kesempatan bertemu dengan si bayi, yakni pada saat perawat membawa bayi keruangan ibu.Bahkan pada malam hari atau pada saat-saat lain ketika bayi tidak dibawa ke ruangan ibu, bayi hanya memperoleh susu formula saja.

Padahal, seperti diketahui, ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, karena mempunyai banyak keunggulan dibandingkan susu formula.Juga didalam ASI terdapat suatu zat yang berfungsi sebagai penangkal berbagai penyakit, disamping mempertinggi daya tahan bayi terhadap penyakit.

Semakin sering memberikan ASI, produksi ASI akan meningkat.Biasanya hal ini terjadi karena sewaktu bayi menyusu, payudara dirangsang untuk menghasilkan ASI.Semakin dini ASI diberikan, semakin baik produksi ASI.

Keuntungan lain, disamping meningkatkan ASI, cara ini juga mengurangi gangguan pada saluran pencernaan yang biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir.Gangguan pencernaan tersebut berupa diare karena tidak cocoko terhadap susu buatan, karena kesempatan berkumpul dengan ibunya tidak bisa setiap saat.

Mencegah Infeksi

Perawatan bayi bergabung juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi silang.Infeksi silang yang dimaksud disini adalah infeksi karena kuman penyakit yang diperoleh dari orang atau bayi lain.

Bayi yang ditempatkan dalam ruangan khusus ada kemungkinan mendapat infeksi silang dari perawat yang sehari-hari bertugas di ruangan tersebut.Bisa juga berasal dari bayi-bayi lain yang kebetulan di observasi disana, karena di duga mendapat infeksi.

Rumah bersalin yang telah melaksanakan perawatan bayi bergabung, kemungkinan bayi tertular infeksi silang jauh berkurangg.Di sini bayi ditempatkan satu ruangan dengan ibunya sehingga ibunyalah yang bertugas merawat bayi.Dengan cara ini, perawat yang berhubungan langsung dengan si bayi sudah jauh berkurang karena sebagian perawatan bayi dikerjakan oleh ibu sendiri.Paling tidak sekaligus melatih ibu agar lebih terbiasa sewaktu harus merawat sendiri di rumah.

Keuntungan lain, tentu saja hubungan psikologis antara ibu dan bayinya menjadi lebih baik.Alangkah bahagia ibu maupun bayinya menjadi lebih baik.Alangkah bahagia ibu maupun bayinya bila dapat terus menerus berdekatan dengan bayinya secara fisik.Setiap saat ibu dapat memandangi, mengelus dan menggendongnya.Bayipun merasa lebih senang dan aman berada di samping ibu.Hubungan timbal balik inilah yang akan menimbulkan perasaan kasih sayang antara ibu dan bayi, yang sangat diperlukan bagi perkembangan anak selanjutnya.

Apabila tidak ada sesuatu yang kurang memungkinkan perawatan bayi bergabung, misalnya adanya kelainan pada bayi atau kesehatan ibu kurang baik, perawatan dengan cara ini seyogyanya dilakukan.

No comments:

Post a Comment