7 Gangguan Kulit Yang Paling Sering Di Derita Anak

Hampir semua anak pernah mengalami gangguan kulit, benar bukan ? dari gangguan yang paling ringan sampai yang memerlukan perhatian serius.Sebagian orang tua menganggap sepele gangguan kulit tersebut, tetapi ada yang menganggapnya serius.


Sebenarnya gangguan kulitnya sendiri bukan hal yang serius atau membutuhkan perhatian khusus, asalkan mendapatkan perawatan yang layak.Namun, jika gangguan kulit tersebut diikuti dengan gejala demam ataupun pilek-pilek, kemungkinan besar merupakan tanda-tanda dari penyakit umum, sehingga penanganan terhadap penyakit umum tersebut justru perlu dilakukan sebaik-baiknya, atau segera berkonsultasi ke dokter.

Bintik-bintik Merah

Bintik-bintik merah merupakan tanda yang paling sering dijumpai pada bayi yang baru lahir.Bintik-bintik ini jelas tampak pada tengkuk, dahi antara kedua mata dan kelopak mata.Keadaan tersebut dikenal dengan sebutan Nevi.

Bintik-bintik merah ini bukan suatu penyakit atau tanda adanya sesuatu penyakit, melainkan bayangan pembuluh darah karena tipisnya kulit.Dengan bertambahnya umur bayi dan makin menebalnya kulit, bintik-bintik tadi akan hilang dengan sendirinya.

Jerawat

Kadang-kadang pada wajah bayi yang baru lahir timbul semacam jerawat.Sebenarnya bukan seperti jerawat yang biasa kita kenal sebagai " jerawat " ini timbul karena penonjolan kelenjar lemak.

Dengan menjaga kebersihan kulit dan mencuci mukanya dengan sedikit sabun yang lunak, gangguan kulit tersebut akan berangsur-angsur hilang dengan sendirinya.Gangguan kulit yang dikenal sebagai Seborrhea tersebut, juga terdapat pada kulit kepala dan dibelakang telinga.

Biang Keringat

Biang keringat pada bayi berupa bintik-bintik merah umumnya dijumpai di sekitar punggung, tengkuk, belakang telinga dan tempat-tempat yang tertutup pakaian tebal atau pakaian yang tidak menyerap keringat.Bila terdapat pada anak yang lebih besar, dirasakan sebagai gatal-gatal, terutama kalau sedang berkeringat.

Untuk menghindarinya, sirkulasi udara di kamar anak harus baik.Pakaian yang dikenakan seyogyanya jangan yang ketat, tebal atau terbuat dari bahan yang sukar menyerap keringat.Biang keringat sebaiknya dibasuh dengan air yang telah dicampur soda kue, dengan perbandingan satu sendok teh untuk setengah liter air.

Benjolan Kemerahan

Tanda bawaan yang sering juga terlihat pada bayi ialah benjolan berwarna kemerahan dan kebiru-biruan pada pantat.Benjolan kemerahan yang terlihat di permukaan kulit ini berbentuk seperti buah arbei dan biasa disebut Hemangioma.

Benjolan kemerahan ini akan membesar selama beberapa waktu untuk kemudian mengecil dan hilang sendiri.Namun, bila benjolan kemerahan tersebut berubah warna menjadi kecoklatan, berarti tanda bawaan tadi akan hilang, maka tidak perlu dicemaskan.

Tidak Tahan Obat

Sering kali tanda-tanda merah ( biduran ) pada kulit justru timbul setelah seorang anak minum sesuatu obat untuk mengobati penyakit yang dideritanya.Bila benar demikian, berarti anak ini tidak tahan terhadap salah satu bahan yang terdapat dalam obat tersebut.

Bahan obat tersebut bisa berupa jenis antibiotika tertentu, tetapi dapat pula hanyaberupa obat untuk mengatasi sakit pilek biasa.Untuk kepentingan ini terdapat obat lain yang dapat menetralisir gangguan tadi, maka mintalah nasehat dokter.Untuk lain kesempatan, setiap kali akan diberi obat oleh dokter, kemukakan pengalaman tersebut ( riwayar alergi dengan obat tertentu ).

Cacar Air

Cacar air sebenarnya merupakan jenis penyakit yang tergolong ringan, tetapi sangat cepat menular.Penyakit yang disebabkan oleh sejenis virus ini juga mempunyai tanda khas pada kulit anak yang menderita.

Gejala dimulai dengan demam yang ringan.Disusul dengan munculnya bintik-bintik kecil berwarna merah muda dipermukaan tubuh, bahkan adakalanya muncul juga di kepala.Dalam waktu cepat gangguan kulit yang berupa bintik-bintik merah tersebut berubah menjadi gelembung-gelembung berdinding tipis yang dikelilingi daerah kecil berwarna merah.Hanya dengan tekanan yang ringan saja gelembung berisi cairan jernih ini dapat pecah.

Bintik-bintik yang terjadi umumnya mengalami tiga tahap, yaitu semula berupa bintik-bintik, kemudian berupa gelambung dan tahap lebih lanjut berupa keropeng yang kering.Setiap tahap yang terjadi berubah dengan cepat.Anak-anak yang terserang penyakit cacar air ini umumnya mengalami kenaikan suhu tubuh ( demam ).Bahkan sebagian anak yang berada dalam tahap bintik-bintik, tampak lesu walaupun sebagian anak yang lain sehat-sehat saja.Anak yang sudah menderita cacar air, akan mengalami kekebalan seumur hidupnya.

Untuk mencegah terjadinya bopeng-bopeng pada kulit anak, usahakan agar anak yang mengalami gatal-gatal yang sangat ini tidak sampai menggaruk bagian gelembung tadi.Kuku anak seyogyanya dipotong pendek-pendek dan gelembung-gelembung tadi di beri bedak talk.informasi lebih lengkap baca disini.

Campak

Sebagian besar anak pernah menderita campak, jika tidak divaksinasi tepat pada waktunya, yakni pada usia sembilan bulan.pada tahap tertentu dari perjalanan penyakit ini, terdapat pula gangguan pada kulit, berupa tanda bercak-bercak berwarna merah.

Mula-mula anak mengalami demam selama empat atau lima hari.Suhu tubuh meningkat, disertai pilek dan badan kurang bergairah.Ada batuk-batuk kering dan rasa sakit yang sangat.Tahap berikutnya akan mencul bercak-bercak merah yang dimulai dari belakang telinga, kemudian menjalar kemuka, tengkuk, lengan atas dan bagian bawah dada.Bercak-bercak merah ini menimbulkan rasa gatal.Di Indonesia kelainan kulit tersebut akan diikuti kulit bersisik.

Karena selama penyakit berlangsung, tubuh anak sangat lemah, maka diharapkan kesehatan maupun gizi yang diberikan pada anak benar-benar diperhatikan.

Untuk mencegah timbulnya campak, anak pada usia sembilan bulan seyogyanya di vaksinasi.Anak yang terkena campak seharusnya dipisahkan dengan anak yang lain, supaya tidak menulari.Info selengkapnya tentang penyakit campak baca disini.

Konsultasi Dokter

Gangguan pada kulit memang tidak selalu membahayakan, meskipun sebagian merupakan tanda adanya penyakit umum.Maka dengan mengenal sekilas tentang berbagai gangguan kulit tersebut, dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter bila dianggap ada hal yang mencurigakan.

Di samping itu, seringkali gangguan kulit tadi akan diikuti dengan infeksi tumpangan, terutama bila perawatannya kurang baik.Atau, penyakit umum yang ditandai dengan gangguan kulit tadi adakalanya disertai dengan komplikasi yang justru lebih berat dari penyakitnya semula.Untuk itulah diperlukan konsultasi dengan dokter.

Menjaga kebersihan diri mutlak diperlukan, untuk mencegah berbagai gangguan yang bisa terjadi pada kulit terutama pada anak-anak.