Tips Mengatasi Kejengkolan

BLOGONASIS - Anda kenal dengan makanan yang satu ini ? Jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang sangat familiar di Indonesia, Banyak yang suka dengan menu satu ini, karena rasanya yang enak, banyak juga yang tidak suka dengan makanan ini, karena baunya yang khas dan menyengat, terutama pada mulut dan pada saat berkemih.

Bagi Anda penggemar menu ini perlu juga mengetahui, bahwa ternyata jengkol dapat mengakibatkan keracunan, bagaimana terjadinya ? keracunan dapat terjadi bila adanya pengendapan kristal asam jengkol di saluran kemih.Ciri orang yang rentan pengendapan kristal asam jengkol ini belum dapat ditentukan.

Jadi disarankan bagi Anda penggemar jengkol agar banyak minum air putih setelah  mengkomsumsi jengkol untuk mencegah terjadinya pengendapan kristal jengkol.

Gejala yang ditemukan pada orang yang mengalami keracunan jengkol :

  • Bau khas jengkol tercium dari mulut dan urin penderita
  • Timbul kolik ( rasa sakit yang berlebihan ) seperti pada penyakit batu ginjal.
  • Penderita mengeluh nyeri pada saat berkemih ( buang air kecil ).
  • Urin penderita merah karena darah ( hematuria ), secara mikroskopis, selain eritrosit tampak kristal asam jengkol seperti jarum.
  • Dalam keadaan berat terdapat anuria dan mungkin penderita pingsan karena menahan sakit.

Tips mengatasi kejengkolan :

  • Keracunan ringan dapat diobati dengan minum banyak air putih dan pemberian obat Na.bicarbonat 2 gr dengan dosis 4 kali sehari secara oral, sampai gejala hilang.
  • Pada keracunan berat sebaiknya di rujuk ke rumah sakit terdekat.
Berikut beberapa Artikel yang direkomendasikan untuk Anda baca :
Demikian beberapa tips untuk mengatasi kejengkolan, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita, dan agar lebih berhati-hati dengan selalu menjaga kesehatan.
Salam sehat..!!!


No comments:

Post a Comment