Mengenal Gejala Radang Ginjal akut

Mengenal Gejala Radang Ginjal akut - Radang Ginjal akut ( Glomerulonefritis akut, Glomerulonefritis pasca infeksi ) adalah merupakan suatu peradangan glomeruli yang menyebabkan hematuri ( darah dalam urin ), dengan gumpalan sel darah merah dan proteinuria ( protein dalam urin ) yang jumlahnya bervariasi.


Infeksi bakteri atau virus merupakan penyebab Penyakit Radang Ginjal akut, kuman yang paling sering dihubungkan dengan GNA adalah Streptococcus beta-haemolyticus grup A.

Apa Gejala Radang Ginjal akut ?

  • Sekitar 50% penderita tidak menunjukkan gejala.Jika ada gejala, yang pertama kali muncul adalah penimbunan cairan yang disertai pembengkakan jaringan ( udem ), berkurangnya volume urin dan berwarna gelap karena mengandung darah.
  • Pada awalnya udem timbul sebagai pembengkakan diwajah dan kelopak mata, tetapi selanjutnya dominan ditungkai dan bisa menjadi hebat.
  • Tekanan darah tinggi dan pembengkakan otak bisa menimbulkan sakit kepala, gangguan penglihatan dan gangguan hati yang lebih serius.
  • Urinalisis menunjukkan jumlah protein yang bervariasi dan konsentrasi urea dan kreatinin di dalam darah seringkali tinggi.
  • Kadar antibodi untuk streptococcus di dalam darah bisa lebih tinggi daripada normal.
  • Kadang pembentukan urin terhenti sama sekali segera setelah terjadinya glomerulonefritis pasca streptococcus, volume darah meningkat secara tiba-tiba dan kadar kalium darah meningkat.Jika tidak segera menjalani dialisa, maka penderita akan meninggal.
  • Sindroma nefritik akut yang terjadi setelah infeksi selain streptococcus biasanya lebih mudah terdiagnosis karena gejalanya seringkali timbul ketika infeksinya masih berlangsung.jadi tanda utama GNA adalah : hematuria, udem, gangguan fungsi ginjal.
Itulah beberapa gejala yang mungkin timbul pada penderita penyakit radang ginjal akut,mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat Anda.

Referensi : Dari berbagai sumber

0 Response to "Mengenal Gejala Radang Ginjal akut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel