Beberapa Tips Adaptasi Psikologis Terhadap Stress

BLOGONASIS - Apakah Anda pernah mengalami perasaan stress ? bagaimana cara Anda menghadapinya ? Pada Info Kesehatan kali ini kita akan berbagi tentang beberapa tips adaptasi terhadap stress yang kita alami, apapun penyebabnya.

Adaptasi adalah proses perubahan individu sebagai respons terhadap perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi integritas dan keutuhannya.Adaptasi ini sering dikaitkan  dengan upaya mempertahankan diri dari stress.Tubuh secara alamiah akan mempertahankan keadaan seimbang , proses ini disebut juga homeostatis.Pada saat stress, tubuh akan merespons agar tetap dapat berfungsi dengan baik.Ketika mengalami stress, orang akan menggunakan energi fisiologis, psikologis, sosial budaya, dan spiritual untuk beradaptasi.

Waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk beradaptasi berbeda-beda.Semua tergantung pada intensitas, lingkup, dan jangka waktu stressor, dan jumlah stressor lainnya.

Beberapa konsep mekanisme pertahanan diri ( adaptasi ) dalam mengatasi stress yang berorientasi ego perlu anda ketahui, diantaranya :

Rasionalisasi
Upaya untuk menghindari masalah psikologis dengan berusaha memberikan alasan yang rasional sehingga masalah yang dihadapinya dapat teratasi.Contoh : seorang mahasiswi datang terlambat saat kuliah, ia memberi alasan bahwa ia terjebak kemacetan.Padahal sebenarnya ia bangun kesiangan.

Pengalihan ( displacement )
Upaya untuk mengatasi masalah psikologis dengan melakukan pengalihan tingkah laku pada ojek lain.Contoh : seorang mahasiswa terganggu karena temanya membuat kegaduhan pada saat kuliah, tetapi temanya tersebut berupaya menyalahkan orang lain.

Identifikasi
Upaya yang digunakan individu untuk menghadapi orang laindengan menjadikan kepribadian orang tersebut sebagai kepribadiannya, ia meniru perilaku, sifat, karakteristik, dan tindakan orang tersebut karena menurutnya orang tersebut lebih baik darinya.

Kompensasi
Upaya mengatasi masalah dengan mencari kepuasan pada keadaan, situasi, atau bidang yang lain.Contoh : seorang mahasiswa mengalami penurunan prestasi belajar, ia kemudian berusaha menonjolkan bakatnya yang lain, misalnya dalam bidang kesenian.

Proyeksi
Upaya mengatasi masalah dengan menempatkan sifat batin sendiri kedalam sifat batin orang lain.Contoh : seseorang yang membenci orang lain mengatakan bahwa orang lain itulah yang membencinya.

Represi
Upaya mengatasi masalah dengan mencoba menghilangkan pikiran masa lalu yang buruk dengan melupakan atau menahannya di alam bawah sadar.

Supresi
Upaya mengatasi masalah dengan berusaha menekan masalah yang tidak menyenangkan secara sadar.Contoh : seseorang mengatakan " kita jangan membicarakan masalah ini lagi "

Penyangkalan ( deniel )
Upaya mempertahankan diri dengan cara menyangkal masalah yang dihadapi atau tidak mau menerima kenyataan yang ada.Contoh : seorang penderita diabetes melitus memakan semua makanan yang seharusnya dihindari.

Over kompensasi / Pembentukan reaksi
Pola perilaku individu yang gagal mencapai tujuannya.Ia tidak mau mengakui tujuannya yang pertama dengan melupakannya dan melebih-lebihkan tujuan kedua, yang biasanya berlawanan dengan tujuan yang pertama.Contoh : seorang anak yang dimarahi karena berisik bereaksi dengan tidak berbicara sama sekali.

Referensi : Berbagai Sumber

0 Response to "Beberapa Tips Adaptasi Psikologis Terhadap Stress"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel