Teori Penyebab Penyakit Menurut Ilmu Akupunktur # Part 1

BLOGONASIS - Menurut Ilmu Akupunktur, menjelaskan bahwa orang dianggap sehat kalau unsur YIN dan YANG seimbang, bila kedua unsur ini tidak seimbang maka orang tersebut dianggap sakit.Ketidak seimbangan unsur YIN dan YANG tersebut tentu ada penyebabnya, dan penyebab itu disebut penyebab Penyakit.



Kesehatan fisik ( tubuh ), pikiran, dan mental seseorang dipengaruhi oleh alam ( lingkungan ) ditempatnya, emosi atau perasaan yang selalu muncul, kebiasaan hidup termasuk kebiasaan makan dan kecelakaan yang menimpa dirinya.Dengan demikian untuk menjaga hidup tetap sehat, harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, memelihara emosi, mengendalikan kebiasaan hidup yang tidak sehat serta menhindari kecelakaan.

Menurut Teori Akupunktur, ada 3 macam penyebab Penyakit, diantaranya :

  • Penyebab Penyakit luar
  • Penyebab penyakit dalam
  • Penyebab Penyakit Golongan III

Penyebab Penyakit Luar ( PPL )

Yang termasuk Penyebab Penyakit Luar adalah : hawa udara panas seperti : angin, dingin, panas, lembab, kering dan api.
Penyebab penyakit luar ini masuk kedalam tubuh melalui meridian.

Angin ( YANG )

Angin dianggap sebagai pimpinan atau kendaraan yang menyangkut penyebab penyakit luar, artinya kalau ia menyerang tubuh manusia membawa dingin, panas, lembab dan lain-lain sebagainya.Oleh karena itu ada yang disebut angin dingin menyerang tubuh, atau angin panas dll.

Gejala : Mendadak keluar keringat, takut dingin, pusing berputar-putar, sakit berpindah-pindah, gemetar dan kejang.

Dingin ( YIN )

Dingin mengerutkan pembuluh darah ( vasokontriksi ) dan meridian, yang menyebabkan energi kehidupan terhambat sehingga menimbulkan rasa nyeri dan berdenyut-denyut.

Gejala yang muncul kalau ada serangan dingin :
Serangan terhadap bagian luar tubuh : demam, takut dingin, panas tidak berkeringat, nyeri kepala, nyeri seluruh tubuh.
Serangan Meridian : otot kaku/kejang, otot dan tulang nyeri.
Serangan terhadap organ : diare, muntah, usus berbunyi, nyeri daerah perut, banyak buang air kecil.

Panas ( YANG )

Panas sering menyerang tiba-tiba pada waktu sedang bekerja atau bekerja dibawah sinar matahari.
Gejala yang timbul : banyak berkeringat, dapat hilang kesadaran, susah buang air besar, buang air kecil sedikit, haus ingin minum, mengigau dan gelisah.

Lembab ( YIN )

Lembab biasanya menyerang pada musim pancaroba
gejala yang timbul : perasaan badan berat, letih, lelah dan malas, rasa kepala berat seperti dibebani barang berat, perut kembung, tidak nafsu makan, mual muntah, banyak riak dan udema.

Kering ( YANG )

Gejala yang timbul : kekurangan cairan, mulut dan bibir kering, nyeri tenggorokan, kelainan pada fungsi hidung, batuk, susah buang air besar, nyeri iga.

Api ( YANG )

Api yang dimaksud disini bukan api dari luar tubuh, tetapi api yang terbentuk di dalam tubuh karena terlalu panas atau kering, jadi merupakan keadaan yang derajatnya lebih tinggi dari panas dan kering.
Gejala yang timbul : perdarahan dan kejang.

Artikel yang perlu juga Anda baca :
  1. Teori Penyebab Penyakit Menurut Ilmu Akupunktur # Part 2
  2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
Demikian Penyebab Penyakit Luar menurut ilmu akupuntur, pada posting berikutnya kita akan melanjutkan tentang teori penyebab penyakit bagian kedua dan ketiga yaitu Penyebab Penyakit Dalam dan Penyebab Penyakit Kategori III,  silahkan tunggu posting berikutnya, semoga membawa manfaat.

No comments:

Post a Comment