Intip Cara Google Membuat Betah Karyawannya

BLOGONASIS - Semua Perusahaan tentunya ingin agar karyawannya setia,betah, produktif dan mempunyai etos kerja yang tinggi, oleh sebab itu setiap perusahaan yang baik dan sehat tentunya akan menjaga suasana kerja dan semangat karyawannya tetap terjaga dengan memberikan tunjangan dan fasilitas terbaik.

fasilitas google

Salah satu perusahan yang melakukan hal ini adalah Google yang berbasis di Silicon valley, California, Amerika Serikat.

Disamping Google dikenal sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya, Google juga merupakan perusahaan yang paling banyak diburu para pelamar dan pencari pekerjaan, mengapa demikian ? karena perusahaan  yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini memberikan tunjangan - tunjangan dan fasilitas yang membuat para karyawannya menjadi mapan dan berkecukupan, jadi tidak ada alasan menolak pinangan untuk bekerja dan menjadi karyawan Google.

Seperti Apa fasilitas yang dapat dinikmati para karyawan Google ( Googler ) ? mari kita intip yuk...!!!

Google menfasilitasi dan menyediakan transportasi gratis kepada karyawannya yang berlokasi diseputar Mountain view, yang berdekatan dengan lokasi Googleplex ( Kantor Google ).Satu lagi cara google memanjakan karyawannya dengan menyediakan fasilitas pangkas rambut di kantor gratis, jadi tidak perlu lagi repot-repot dan mengeluarkan biaya untuk pangkas rambut ke salon.

Agar para Google bisa menikmati istirahatnya di akhir pekan, maka Google menyediakan fasilitas laundry dan Dry Cleaning di kantor dan lagi-lagi pasti gratis, jadi bukanlah hal yang aneh jika tiap akhir pekan para karyawan membawa pakaian mereka ke kantor ( Googleplex ).

Asyik kan.....Tetapi  belum apa-apa masih banyak fasilitas yang disediakan dan dapat dinikmati oleh para Googler, seperti dilansir Bussines Insider, daftar fasilitas yang disediakan akan membuat Anda bermimpi untuk bekerja disana, Penasaran kan ???

Makanan dan Minuman Gratis

Wow..!!! menggiurkan banget, sarapan pagi, makan siang dan makan malam disediakan, komplit banget, jadi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk urusan perut.

Googleplex juga dilengkapi dengan dapur-dapur kecil yang menyediakan minuman dan snack, dimana letak dapur-dapur tersebut berdekatan dengan ruang kantor para karyawan, wah jadi tidak perlu lagi taku kelaparan ya.

Jaminan Kesehatan

Agar para karyawan tetap sehat dan bugar agar tetap bisa bekerja dengan semangat dan produktifitas maka Google menyediakan Gym dan kolam Renang di lingkungan kantornya, dan Google juga menyediakan petugas khusus yang memastikan keselamatan para karyawan yang sedang berenang, Jika karyawan mengalami gangguan kesehatan bisa membuat janji dengan dokter Googleplex.

Meskipun bekerja dengan Google menyenangkan, tentu saja para karyawan juga dituntut tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan dan kinerja serta produktifitas yang tinggi.Jika mereka berhasil melalukan pekerjaan dengan baik maka akan mendapat bonus pijat 1 jam bersama therapist yang disewa oleh Google.

Aturan 80/20

Aturan yang satu ini merupakan aturan yang sangat terkenal dari Google, maksudnya bagaimana ? Google menuntut para karyawannya menghabiskan 80 persen waktu untuk mengerjakan pekerjaan utama mereka, dan 20 persennya dibolehkan mengerjakan pekerjaan khusus sesuai passion mereka, artinya dalam waktu kerja seminggu, ada satu hari diperuntukkan untuk mengerjakan proyek diluar dari dari pekerjaan utama mereka.

Karena Google banyak mengerjakan teknologi masa depan di Google Labs, maka google beranggapan banyak teknologi canggih yang tercipta dari pekerjaan sampingan yang 20%.

Banyak bertemu orang Pintar

Para karyawan google tentu saja terdiri dari orang-orang pintar, Di Googleplex para karyawan terbiasa bertemu dan bekerja dengan orang-orang pintar termasuk Larry Page dan Sergey Brin, Googler juga sering bekerja dengan para pemikir, pemimpin dan seleb dibidan teknologi.

Meskipun demikian Google selalu mengingatkan kepada para karyawannya untuk selalu belajar, ini bisa dilihat diatas pintu kamar mandi banyak terdapat puzzle seputar tips coding.Aha rupanya para googler juga percaya bahwa kamar mandi atau toilet merupakan salah satu tempat terbaik untuk menemukan inspirasi.

TechStop

Techstop adalah Tech Support yang dijaga oleh para spesialis TI terbaik dari Googleplex.dimana ketika para karyawan mengalami kesulitan berhubungan dengan hardware dan Software bisa meminta pertolongan disini sampai hal-hal kecil sekalipun.

Cuti melahirkan dan Punya Anak

Sepertinya pepatah " banyak anak banyak rejeki " berlaku di Google, Mengapa demikian ? kalau dikantor lain karyawan hanya diberikan cuti melahirkan, tetapi di Google berbeda karena karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan juga diberikan cuti.biasanya cuti diberikan selama 6 minggu dan tetap digaji kepada googler laki-laki yang istrinya melahirkan.bagi karyawan perempuan yang sedang melahirkan diberikan cuti selama 18 minggu setelah melahirkan anaknya.

Bukan itu saja, setelah melahirkan Google juga memberikan bonus untuk meringankan biaya-biaya untuk keperluan anak setelah melahirkan.Setelah sang ibu mulai aktif kembali bekerja Googleplex menyediakan fasilitas Day Care untuk tempat menitipkan anak.

Tunjangan Kematian

Google memberikan jaminan kesejahteraan karyawannya, termasuk ketika mereka meninggal dunia.Googler akan memberikan asuransi kematian yang diberikan kepada keluarganya.Google juga akan tetap membayar separuh dari gaji karyawannya yang meninggal hingga 10 tahun kedepan yang diberikan kepada ahli warisnya.Google juga akan memberikan tunjangan kepada Anak-anak karyawannya yang meninggal sebesar 1.000 Dollar AS yang diberikan setiap bulan.

Bagaimana ? Apakah anda tertarik menjadi Googler ?
Referensi : Bussines Insider

0 Response to "Intip Cara Google Membuat Betah Karyawannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel