Mengenal Gejala Radang Usus Buntu Pada Anak

Mengenal Gejala Usus Buntu Pada Anak - Dalam usus manusia, terdapat tonjolan kecil, mirip saluran tetapi buntu, sehingga saluran ini sering disebut usus buntu atau umbai cacing.Besar usus buntu sekitar jari kelingking tangan dan terletak di perut kanan bawah.Strukturnya sama seperti bagian usus lainnya, namun memiliki banyak kelenjar yang senantiasa mengeluarkan lendir.Usus buntu, bisa terkena gangguan yang dikenal dengan Radang Usus Buntu.


Apa gejala Usus buntu ?

Radang usus buntu adalah peradangan akibat infeksi usus pada usus buntu atau umbai cacing.Radang ini terjadi karena adanya kotoran atau benda-benda asing ( sisa metabolisme ) masuk ke usus buntu.

Benda-benda asing tersebut kemudian mengeras, sehingga cairan atau lendir yang diproduksi oleh usus buntu tidak mengalir ke usus besar ( karena tersumbat kotoran atau benda-benda asing tadi ).Kondisi ini akan mengakibatkan pembengkakan yang bisa merusak dinding usus buntu dan menyebabkan kuman datang menyerang.Pembengkakan ini menyebabkan timbulnya nanah ( pus ) dan jika tidak ditangani usus buntu dapat pecah, sehingga dapat menimbulkan kegawatan dan berujung pada kematian bila tidak segera mendapat penanganan yang serius.

Bagaimana Penanganan Radang Usus buntu pada Anak ?

Radang usus buntu akan menimbulkan rasa sakit.Kondisi ini menyebabkan anak menangis terus.Selain itu juga Anak sering memegang perut bagian bawah kanan sambil meringis kesakitan.Oleh karena itu, segeralah bawa anak ke dokter, agar radang usus buntunya tidak menjadi fatal dan timbul komplikasi.

Usus buntu terletak di perut bagian kanan bawah, sehingga gerakan ringan seperti berjalan, batuk atau bersin akan menimbulkan rasa sakit.Selain itu, radang ini bisa membuat mual, menurunkan nafsu makan, dan anak tampak lesu karena panas tinggi yang bisa mencapai 39 derajat selsius.

Rasa nyeri yang dirasakan dapat menjalar kedaerah kelamin.Si kecil juga akan mengalami sembelit, tidak bisa buang angin, bahkan disertai diare.Apabila ini terjadi, pemeriksaan darah di laboratorium sangat diperlukan untuk memastikan diagnostik.

Jika benar terjadi radang usus buntu, penanganan yang paling tepat adalah membuang usus buntunya melalui operasi.Setelah operasi Anak akan sembuh dalam waktu kurang lebih satu minggu.

Tag :
tonjolan kecil, umbai cacing, saluran buntu, radang usus, buntu, kotoran, sisa metabolisme, benda asing, pus, nanah, rasa sakit, perut kanan bawah,

0 Response to "Mengenal Gejala Radang Usus Buntu Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel