Seputar Perawatan Memory Card pada Kamera

Blogonasis - Apakah Anda termasuk salah satu yang punya hobi jepret menjepret, atau Anda mungkin seorang Fotografer ? tentu kamera merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan dan keseharian Anda, nah untuk itu perlu perlakuan dan perawatan yang baik terhadap perangkat kamera, termasuk memory card yang mendukung perangkat digital Anda.



Memory card merupakan sebuah alat penyimpanan data yang berbentuk chip yang dibenamkan pada perangkat digital Anda, idealnya memory card harus mendapat perawatan yang baik agar tetap awet, tahan lama dan dapat terus digunakan dalam menyimpan data-data penting Anda.

Ada beberapa tips Tim dari Lexar salah satu produsen memory card, tentang cara merawat memory card agar awet dan tahan lama, sehingga tetap dapat bekerja dengan baik :

- Pilih card reader yang bagus

Saat proses transfer foto dari kamera ke komputer, jangan langsung menghubungkan kamera dengan komputer, karena akan memakan daya yang besar, usahakan menggunakan perangkat tambahan ( eksternal ) card reader, pilih card reader yang mempunyai ferforma transfer data yang kencang, sehingga proses transfer bisa dilakukan dengan cepat.

- Jangan sembarang mencabut memory card

Gunakan fitur removable hardware yang sudah disediakan di sistem operasi yang Anda gunakan, pada Os Windows gunakan " safely remove hardware " dan pada gunakan " eject " pada OSX.

- Selalu perhatikan lampu indikator

Perhatikan lampu indikator yang ada dikamera, terutama setelah memakai mode burst atau continius shooting, ketika Anda mengambil banyak gambar sekaligus, kamera Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menulis di memory card.

Jadi disarankan jangan mematikan kamera ketika buffering image masih berlangsung karena akan menyebabkan data Anda hilang, hal ini juga berlaku pada saat Anda mentransfer data dari memory card ke komputer atau netbook dengan menggunakan card reader, jangan mematikan komputer atau memindahkan kartu memori ketika lampu reader masih menyala.

- Bagaimana jika memori card terkena air ? 

Usahakan Anda tetap tenang dan jangan panik dulu, biarkan dulu kartu memori kering, setelah kering baru bisa digunakan kembali,  jangan gunakan dalam keadaan basah karena bisa mengakibatkan kerusakan permanen.

- Format memory card

Lakukan format ulang memory card secara berkala, pindahkan dulu data-data penting Anda kemudian lakukan format memory card secara teratur, sangat disarankan memformat memory card pada kamera yang berbeda.

- Selalu perhatikan kapasitas memory card

Jangan paksakan menyimpan data melebihi dari kapasitas memory card Anda, kalau bisa gunakan lebih dari satu memory card untuk menyimpan data.

- Gunakan Software Penolong dan Utilitas ( backup dan Restore )

Pernahkah data memory card anda terhapus tanpa disengaja ? tidak perlu khawatir karena banyak software backup dan restore yang dapat membantu mengembalikan data dan file foto Anda.


0 Response to "Seputar Perawatan Memory Card pada Kamera "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel