Apa Itu Kolon Hidroterapi ?

Apa Itu Kolon Hidroterapi ? - Kolon Hidroterapi ( enema ) sudah lama dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mengobati penyakit. Hypocrates sebagai Bapak Kedokteran, tercatat menggunakan enema untuk mengobati demam dan gangguan penyakit akut lainnya. Pada abad ke-17, di kenal jaman enema dan menjadi budaya di Paris. Mereka melakukan tiga sampai empat kali enema perhari karena yakin dapat membersihkan bagian dalam tubuh yang sangat penting untuk kesehatan.

Terapi ini kemudian diperkenalkan di Amerika Serikat oleh Dr. Kellogg yang dilaporkan pada Journal Of American Medicine ( 1917 ) dan lebih dari 40.000 kasus gangguan pencernaan telah dapat diatasi dengan kolon hidroterapi diikuti dengan pengaturan pola makan dan olahraga.

Kolon Hidroterapi merupakan cara yang aman untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan dan racun dari usus besar tanpa menggunakan obat-obatan, tetapi hanya dengan air yang telah disaring sehingga bebas dari bahan kimia beracun dan disterilisasi dengan ultraviolet. Metodenya adalah memasukkan alat berbentuk spekulum atau rectal tube kecil kedalam rectum antara 1-3 inchi. Suhu air disesuaikan dengan suhu tubuh dan tekanan dapat diatur. Air kemudian dialirkan melalui rectum ke usus besar dengan tujuan membersihkan kolon dengan cara menghancurkan dan melarutkan feses untuk memudahkan pengeluaran, usus besar dibantu dengan bantuan manipulasi pemijatan dari abdomen selama proses untuk meningkatkan pengeluaran feses secara maksimum.

Efek terapeutik dari kolon hidroterapi adalah meningkatkan tonus dari usus besar sehingga meningkatkan peristaltik dan absorbsi dari zat-zat makanan serta air. Kolon Hidroterapi memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.
  • Proses pembilasan usus besar dapat dikontrol sehingga hasilnya dapat lebih optimal.
  • Memperlama keinginan alami pasien untuk membuang air besar sehingga hasilnya lebih bersih dalam membuang sisa-sisa makanan dan racun yang menempel pada dinding usus besar.
  • Pengisian airnya dapat sampai caecum ( pangkal usus besar ).
  • Selama proses tidak menimbulkan bau yang menususk.

Efek dari pembersihan dari Kolon Hidroterapi mengurangi stagnasi dan pembentukan bakteri patologis dalam kolon akibat proses fermentasi dan membantu membuat keseimbangan flora di dalam usus sehingga  mengoptimalkan kesehatan. Proses pengisian dan pengosongan air diulang 4 kali selama sekitar 1 jam terapi.

Kolon Hidroterapi akan aman dan sangat kecil kemungkinan timbulnya risiko jika dilakukan dengan cara yang benar sesuai prosedur oleh terapis ( operator ) yang sudah terlatih dan menggunakan peralatan yang sudah di registrasi FDA.