Cara Simpel Mengatasi Keluhan Gatal Pada Mata

Cara Simpel Mengatasi Keluhan Gatal Pada Mata - Mata merupakan organ vital pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai organ vision ( organ penglihatan ). Oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu menjaga mata agar tetap sehat.

Mata merupakan organ vital pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai organ vision ( organ penglihatan ). Oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu menjaga mata agar tetap sehat.     Cara Simpel Mengatasi Keluhan Gatal Pada Mata  Beberapa keluhan yang sering muncul pada mata seperti mata merah, iritasi dan rasa terbakar. Anda mmungkin ingin menggosoknya terus. Apapun yang mengiritasi mata, seperti asap, debu, atau infeksi, dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat menganggu, seperti pada hay fever atau reaksi terhadap air kolam renang yang diberi klor, kosmetik, atau obat tetes mata. Kadang kala pinggiran kelopak mata juga dapat terinfeksi. Kondisi ini disebut juga dengan blepharitis, yang menyebabkan mata kering sakit dengan serpihan kulit di bulu mata. Blepharitis lebih umum terjadi pada orang berketombe. Anda juga terkena mata gatal sesekali jika menggunakan lensa kontak ( contact lens ).
Gambar : Mata

Beberapa keluhan yang sering muncul pada mata seperti mata merah, iritasi dan rasa terbakar. Anda mungkin ingin menggosoknya terus. Apapun yang mengiritasi mata, seperti asap, debu, atau infeksi, dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat menganggu, seperti pada hay fever atau reaksi terhadap air kolam renang yang diberi klor, kosmetik, atau obat tetes mata. Kadang kala pinggiran kelopak mata juga dapat terinfeksi. Kondisi ini disebut juga dengan blepharitis, yang menyebabkan mata kering sakit dengan serpihan kulit di bulu mata. Blepharitis lebih umum terjadi pada orang berketombe. Anda juga terkena mata gatal sesekali jika menggunakan lensa kontak ( contact lens ).

Ada beberapa tips yang berguna untuk Anda jika mengalami keluhan gatal pada mata, dan tips  ini bisa dilakukan bersamaan dengan pengobatan dari dokter.

  • Sebisa mungkin Anda harus menghindari menggosok mata yang gatal, karena sebenarnya dengan menggosok mata akan membuat mata bertambah gatal dan bisa menyebarkan infeksi meluas ke seluruh area mata.
  • Untuk meringankan gatal pada mata karena alergi dan iritasi, gunakan kompres dingin. Rendam handuk bersih ( kapas ) dalam air dingin, peras, dan taruh lembut di mata selama beberapa menit. Ulangi jika perlu, gunakan handuk bersih setiap kali.
  • Gunakan air mata buatan untuk mendinginkan mata yang gatal akibat debu dan asap. Teknik ini juga dapat mengurangi rasa gatal pada mata.
  • Untuk mengetahui apakah ini disebabkan sensitivitas dengan kosmetik, produk wajah atau rambut, berhenti menggunakannya, kemudian gunakan kembali satu demi satu untuk melihat apakah masalahnya kembali. Buang make up mata yang lama, jangan menyimpan mascara lebih dari 6 bulan.
  • Jika kelopak mata Anda mengalami peradangan dan bulu mata mengeras, obati dengan pembersih kelopak mata.

Teknik Praktis Membersihkan Kelopak Mata

Teknik ini berguna dalam mengontrol keluhan blepharitis ( infeksi pada pinggiran kelopak mata ) lakukan cara-cara berikut ini :
  • Rendam handuk bersih dalam air hangat, peras, lalu tekan lembut pada kelopak mata tertutup sekitar 5 menit, untuk melembutkan dan melepaskan serpihan keras.
  • Campur sedikit air - dengan sampoo bayi. Celup cotton bud dalam larutan itu, dan gulirkan di pinggiran setiap kelopak mata untuk membersihkan kotoran dan serpihan. Bilas, dan tekan perlahan dengan handuk.
  • Ulangi untuk mata yang lain.
  • Bersihkan kelopak mata tiap pagi dan sebelum tidur hingga sembuh.
Jika keadaan tidak membaik setelah melakukan cara-cara diatas, sebaiknya Anda perlu mengatur jadwal kunjungan ke dokter Anda untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.