Pilek Pada Bayi dan Beberapa Fakta Tentang Warna Ingus Yang menarik Untuk Di Ketahui

Pilek Pada Bayi dan Beberapa Fakta Tentang Warna Ingus Yang menarik Untuk Di Ketahui - Pilek merupakan salah satu penyakit " langganan " bagi si kecil.Anak balita yang terkena pilek 6 sampai 8 kali dalam setahun atau 2 bulan sekali masih dianggap wajar.Akan tetapi apabila pilek dalam 1 bulan lebih dari 2 kali maka perlu untuk diwaspadai.

Pada umumnya, frekwensi pilek akan menurun seiring dengan bertambahnya usia anak.hal ini karena sistem pertahanan tubuh semakin baik.Sistem pertahanan tubuh akan senantiasa baik apabila asupan gizinya tercukupi dan didukung pula dengan waktu istirahat yang cukup.

Gejala

Gejala pilek ditandai dengan demam, hidung tersumbat, sakit kepala, serta tubuh pegal-pegal atau ngilu.Akan tetapi biasanya balita tidak dapat mengungkapkan gejala ini.

Warna Ingus

Ternyata warna ingus memiliki arti tersendiri,yaitu :
  • Putih atau bening menunjukkan sebagai awal terpaparnya penyakit.
  • Keruh kekuning-kuningan menunjukkan sudah ada " pertempuran " antara antibodi dan penyakit.
  • Hijau menunjukkan tanda batuk pilek akan segera sembuh.warna hijau menunjukkan di dalam ingus terdapat bakteri, mikroba, dan virus yang sudah mati.
Pengobatan

Pilek sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.Oleh karena itu, pengobatan terbaik dengan cara banyak istirahat dan banyak minum.Selain itu juga dengan meningkatkan daya tahan tubuh anak melalui asupan gizi yang baik.

No comments:

Post a Comment