Apa Itu Bell's Palsy ?

Apa Itu Bell's Palsy ?
Apa Itu Bell's Palsy ? - Bell's Palsy  ( paraslisis fasial ) adalah kondisi yang diakibatkan oleh kerusakan sel saraf kranial ketujuh bagian perifer pada satu sisi, yang mengakibatkan kelemahan atau paralisis otot fasial. Penyababnya belum diketahui, tetapi kemungkinan penyebab dapat mencakup iskemia vaskuler, penyakit virus ( herpes simpleks, herpes zozter ), penyakit autoimun, atau kombinasinya.

Paralisis bell menunjukkan tipe paralisis tekanan yang menyebabkan penyimpangan wajah, peningkatan lakrimasi ( mata berair ), dan sensasi yang sangat menyakitkan di wajah, di belakang telinga, dan mata. Pasien mungkin megalami kesulitan berbicara dan tidak mampu untuk makan pada sisi yang sakit.

Penatalaksanaan

Tujuan dari penatalaksanaan adalah untuk mempertahankan tonus otot wajah dan untuk mencegah atau meminimalkan penyimpangan.
  • Tenangka penderita bahwa tidak terjadi stroke pada dirinya dan pemulihan secara spontan akan terjadi dalam 3-5 minggu pada kebanyakan kasus.
  • Mungkin diberikan terapi steroid untuk mengurangi inflamasi dan edema, yang akan menurunkan kompresi vaskular dan memungkinkan pemulihan sirkulasi darah pada saraf. pemberian steroid awal tampaknya untuk mengurangi keparahan, menghilangkan nyeri, dan meminimalkan penyimpangan.
  • Nyeri fasial diatasi dengan analgesik atau pemasangan kompres hangat pada bagian wajah yang sakit.
  • Mungkin dilakukan stimulasi listrik pada wajah untuk mencegah atrofi otot.
  • Eskplorasi melalui pembedahan mungkin dilakukan jika diduga kuat adanya tumor; pembedahan dekompresi saraf fasial; atau rehabilitasi pembedahan dari wajah yang mengalami paralisis.

Tips mempertahankan Tonus Otot

  • Masase wajah dengan gerakan halsu keatas beberapa kali sehari.
  • Lakukan latihan wajah seperti mengkerutkan dahi, mengembungkan pipi dan bersiul, serta pertahankan kehangatan wajah.( Baca juga : Mengenal faktor risiko dan Cara pencegahan Stroke )

0 Response to "Apa Itu Bell's Palsy ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel