Apa itu Artritis ?

Apa itu Artritis ? - Artritis merupakan istilah umum bagi peradangan ( inflamasi ) dan pembengkakan di daerah persendian.
Artritis dapat berupa osteoartritis ( OA ) atau artritis reumatoid ( AR ), tetapi yang paling banyak dijumpai adalah osteoartritis.Pada OA faktor penyebab utama adalah trauma atau pengausan sendi, sedangkan pada AR faktor imunologi yang berperan.


Tanda dan Gejala Artritis :
  • Gejala artritis sangat bervariasi tergantung sendi mana yang terlibat.OA lebih sering menyerang sendi penyokong berat badan.Oleh karena itu obesitas harus dihindarkan.sementara itu, AR mulanya sering menyerang sendi-sendi kecil misalnya sendi pergelangan tangan dan kaki, tetapi dalam tingkat lanjut dapat menyerang juga sendi-sendi besar seperti sendi bahu dan pinggul.
  • Keluhan lain yang mirip dengan artritis adalah reumatism yang sebenarnya berasal dari jaringan lunak diluar sendi.yang dikenal awam sebagai encok sebagian besar adalah reumatism.
  • Sendi yang terserang biasanya bengkak, merah dan nyeri.
  • Serangan AR biasanya dimulai dengan gejala prodmoral berupa badan lemah, hilang nafsu makan, nyeri dan kaku seluruh badan.Gejala pada sendi biasanya timbul bertahap setelah beberapa minggu atau bulan.
  • Nyeri sendi pada AR bersifat hilang timbul, ada masa remisi, bersifat simetris bilateral, dan berhubungan dengan udara dingin.
  • Serangan OA biasanya sesisi.Gejala utamanya adalah nyeri sendi yang berhubungan dengan gerak.Penderita juga merasakan kaku pada sendi yang terserang.
  • Pada pemeriksaan radiologi OA biasanya memperlihatkan pelebaran sendi pada tahap awal, osteofit, sklerosis tulang dan penyempitan rongga antar sendi pada tahap lanjut.
  • Deformitas dapat terjadi pada OA maupun AR setelah terjadi destruksi sendi.
Pengobatan
  1. Keluhan pad sendi atau jaringan lunak disekitarnya dapat diatasi dengan pemberian analgesik biasa atau dengan anti inflamasi non steroid ( AINS ) yang diberikan setelah makan.
  2. mengistirahatkan sendi diperlukan dalam keadaan akut.Selanjutnya pada OA mungkin penderita perlu memperbaiki sikap tubuh, mengurangi berat badan, atau melakukan fisioterapi.
Demikian info penyakit tentang artritis, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan pemahaman bagi Anda.

Referensi : Dihimpun dari berbagai sumber

0 Response to "Apa itu Artritis ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel