Bagaimana cara berpikir efektif ? ini Tipsnya - Mempelajari apa saja dalam banyak hal, mirip dengan membangun sebuah rumah, Anda tidak memulainya dengan membuat dekorasi interior, lalu membangun dinding-dindingnya, dan akhirnya membuat fondasinya.
Yang benar, Anda memulai dengan fondasinya, dan fondasi ini harus benar-benar kokoh.Fondasi untuk belajar adalah motivasi.Ini syarat pertama dan mutlak.


Setelah berbentuk fondasi yang kuat, yakni motivasi untuk belajar, Anda siap membangun "dinding-dindingnya" yakni kemampuan-kemampuan dasar seseorang yang terpelajar.Kemampuan-kemampuan ini meliputi kemampuan membaca, pengamatan yang tajam/jelas, menyimak secara kritis, dan sebagainya.

Jika Anda laksanakan usaha yang diperlukan, akan Anda peroleh kekuatan yang belum pernah Anda bayangkan.Memang tidak setiap langkah mudah.Thomas A.Edison, salah seorang jenius Amerika berkata : "Jenius adalah 1% Inspirasi, berikut 99% keringat atau kerja keras".Jadi Anda tidak harus ber-IQ tinggi untuk mencapai sukses.Kerja keraslah yang lebih menetukan hasil Anda.

Pada kesempatan ini kita akan berbagi tips bagaimana mempersiapkan fondasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan, tips ini akan membantu Anda bagaimana cara berpikir efektif, ada 10 tips dan petunjuk cara berpikir efektif ala K Thomas Finley sebagai berikut :

  • Ingatlah bahwa pengalaman adalah satu-satunya guru.Anda tak akan dapat menarik kesimpulan yang tepat, kalau landasannya ( yaitu pengalaman ) belum Anda miliki.
  • Jangan Anda memberikan penilaian apabila Anda tidak memiliki fakta yang diperlukan.Penilaian atas dasar emosi harus dihindari.
  • Perhatikan benar makna kata-kata.Ingatlah bahwa setiap kata bisa bermakna lainbagi setiap orang.
  • Pakailah kata-kata dengan hati-hati, dan ingatlah bahwa kata-kata bisa menjadi alat yang efektif bila dipergunakan secara tepat.
  • Jangan sekali-kali meninggalkan akal sehat Anda, sekalipun jika pengalaman Anda tampaknya bertentangan dengannya.
  • Terangkan Apa saja yang telah Anda pelajari sebelummnya, untuk mengatasi persoalan baru.
  • Periksalah sumber-sumber informasi yang interpretasinya tidak sependapat dengan Anda.
  • Berusahalah untuk berfikir terbuka sekalipun Anda sangat menentang sudut pandang orang lain.
  • Hindari menggunakan generalisasi, ingatlah bahwa Sapi 1 tidak sama dengan Sapi 2.
  • Bangunkan motivasi untuk belajar.Jangan biarkan sesuatu menghalangi terbentuknya motivasi.
Itulah beberapa tips dan petunjuk singkat bagaimana Anda belajar untuk berpikir yang efektif, semoga tips ini ada manfaatnya buat kita semua.
Regards
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berlangganan Via " EMAIL " DISINI untuk melihat balasan komentar Anda.