Jauhi Diabetes Dengan Pola Hidup Sehat

Menghindari penyakit diabetes dengan pola hidup sehat mungkinkah dilakukan?  kenapa tidak? Selama ini menjalani pola hidup sehat  dikatakan sulit dan tidak enak. Sehat atau sakit enak yang mana? tentu enak yang sehat  bukan? Nah, dengan demikian mengapa tidak dimulai dari sekarang saja untuk menjalani pola hidup sehat. Toh, gampang dan enak asal niat dan mau melakukannya. Pola hidup sehat intinya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh kemudian mengimbanginya dengan melakukan olahraga, istirahat yang cukup dan teratur serta pengelolaan stress yang tepat.
Menghindari penyakit diabetes dengan pola hidup sehat mungkinkah dilakukan?  kenapa tidak? Selama ini menjalani pola hidup sehat  dikatakan sulit dan tidak enak. Sehat atau sakit enak yang mana? tentu enak yang sehat  bukan? Nah, dengan demikian mengapa tidak dimulai dari sekarang saja untuk menjalani pola hidup sehat. Toh, gampang dan enak asal niat dan mau melakukannya. Pola hidup sehat intinya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh kemudian mengimbanginya dengan melakukan olahraga, istirahat yang cukup dan teratur serta pengelolaan stress yang tepat. lihat juga : obat diabetes alami

Ketika hal tersebut mampu terpenuhi maka bukan hal mustahil untuk Jauh-jauh dari Diabetes dengan Pola Hidup Sehat. Bahkan bukan hanya diabetes saja yang menjauh, tetapi juga penyakit lainnya misalnya kolesterol, darah tinggi, stroke, jantung, dan penyakit lainnya yang dianggap berat dan berbahaya. Lalu bagaimana cara pola hidup sehat tersebut  dilakukan? lakukan saja mulai dari yang bisa dilakukan asal teratur dan konsisten. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Nutrisi apa saja yang diperlukan tubuh? protein, vitamin, mineral, serat, dan sebagainya. Jika masih bingung bagaimana makanan yang sehat tentu saja makanan yang cukup untuk memenuhi energi maupun zat gizi maupun serat yang memang diperlukan tubuh. Namun untuk memenuhi  nutrisi tersebut sebaiknya memilih makanan yang memang mengandung gizi yang diperlukan tubuh tetapi sebaiknya yang rendah kalorinya. Misalnya sebaiknya untuk memenuhi kebutuhan kalsium bisa dari susu dibandingkan dari keju. Selain itu konsumsi makanan yang dilakukan juga dalam porsi secukupnya saja.
  2. Selalu variasikan menu makanan yang dikonsumsi. Variasi makanan diperlukan selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi juga membantu menjaga agar kalori tetap terkontrol. Cara ini juga mencegah rasa bosa melanda ketika mengonsumsi makanan yang sama dalam waktu yang lama.
  3. Hindari makanan dengan lemak berlebih. Lebih baik memperbanyak jenis buah dan sayur yang dikonsumsi. Jika membutuhkan protein bisa diambil dari ikan air tawar, ikan air laut, daging ayam tanpa kulit, susu kedelai, tahu, tempe maupun putih telur. Sebaiknya proses pengolahan masakan dengan dipanggang, ditumis tetapi tidak terlalu sering, direbus maupun dikukus.
  4. Selalu sempatkan untuk berolahraga setidaknya 15 hingga 30 menit setiap harinya. Bisa dengan berjalan kaki, lari, maupun bersepeda. Olahraga akan membantu memperlancar peredaran darah, membakar kalori, mengurangi stress.
  5. Kelola stress dengan baik. Stress merupakan hal yang seringkali dialami banyak orang. Tingkat stress yang tinggi menyebabkan orang mengalami berbagai jenis penyakit. Misalnya saja kolesterol, jantung, bahkan gula darah pun bisa naik. Perlu belajar mengelola stress bisa dengan relaksasi maupun berolahraga.
  6. Istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup mengacu pada kebutuhan tidur yang cukup. Jangan biasakan begadang dan baiknya penuhi kebutuhan 7 hingga 8 jam per harinya untuk tidur. Tidur yang cukup mencegah gula darah naik sehingga tidak ngemil di malam hari.
Bagaimana apakah sulit menjalankannya? Lebih baik lagi jika mampu menghentikan kebiasan merokok yang dilakukan. Belum lagi jika suka mengonsumsi minuman beralkohol sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Jauh-jauh dari Diabetes dengan Pola Hidup Sehat harus dilakukan dari sekarang jangan ditunda lagi.

Popular posts from this blog

Jika Anak Menderita Campak , Coba Tips Ini

Waspadai Penyakit DBD !!!

7 Gangguan Kulit Yang Paling Sering Di Derita Anak