Mengenal Infeksi Saluran Kemih Bagian Atas ( Pielonefritis )

Mengenal Infeksi Saluran Kemih Bagian Atas ( Pielonefritis ) - Pielonefritis merupakan infeksi bakterial dari pelvis renalis, tubulus ginjal, dan jaringan interstitial dari salah satu ginjal atau keduanya. Bakteri sampai ke kandung kemih melalui uretra dan akan terus naik ke ginjal. Seringkali konsidi ini sebagai akibat aliran balik urin (refluks) kedalam ureter, biasanya pada saat berkemih. Obstruksi saluran perkemihan dan penyakit ginjal adalah penyebab lainnya. Pielonefritis dapat besrsifat akut maupun kronis.

Pielonefritis merupakan infeksi bakterial dari pelvis renalis, tubulus ginjal, dan jaringan interstitial dari salah satu ginjal atau keduanya.

Manifestasi klinis

  • Demam dan menggigil, nyeri pinggang, nyeri tekan sudut kosto-vertebral
  • Leukositosis, bakteri dan sel-sel darah putih dalam urine, seringkali menunjukkan gejala keterlibatan saluran kemih bagian bawah, y.i., disuria dan sering berkemih.
  • Pada Pielonefritis kronis ginjal membentuk jaringan parut, mengalami kontraktur dan tidak berfungsi.
 

Penatalaksanaan

  1. Terapi antimikroba intensif; terapi parenteral sampai pasien afebris 24-28 jam; diikuti dengan preparat oral.
  2. Pertahankan pada pengobatan antimikrobial oral setelah regimen awal sampai tidak terdapat bukti infeksi, semua faktor penyebab harus sudah diatasi atau terkontrol, dan fungsi ginjal sudah stabil.
  3. Pantau terhadap penyimpangan kreatinin serum dan jumlah sel darah selama durasi terapi jangka panjang.
Sumber Gambar : www.cresa.cat