Tahukah Anda Bahaya Gigitan Manusia ?

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa gigitan manusia tidaklah berbahaya dan menyebabkan berbagai gangguan  yang bisa berakibat fatal, benarkah demikian ? apapun jawaban Anda, berdasarkan apa yang saya baca dari beberapa sumber, ternyata gigitan manusia meskipun relatif jarang dibandingkan gigitan hewan berbisa lainnya seperti gigitan ular, tetapi paling berbahaya. Komplikasi seriusnya adalah infeksi. Gigitan ini biasanya terjadi karena diri sendiri ( epilepsi, tidak sengaja, dan sebagainya ), dan orang lain ( berkelahi, mempertahankan diri dari tindakan , perkos*an, dsb )


Mulut manusia dapat mengandung kuman patogen seperti stafilokokus, streptokokus, gonokokus, bacillus vincent, Clostrodium tetani, Basilus gangren, Treponema pallidum.

Apa saja Gejala klinis dari gigitan manusia ?

  • Luka baru : Beberapa jam setelah digigit/tergigit, terasa nyeri, berupa nyeri tekan, bengkak, merah dan terdapat bekas gigi. Jenis lukanya adalah vulnus morsum, laserasi hingga avulsi atau gabungan ketiganya.
  • Luka Lama : Beberapa hari setelah gigitan, terasa nyeri, edem. Terdapat selulitis, limfadenitis, nekrosis lokal, abses, limfadenitis regional, demam hingga hiperpireksia.

Bagaimana Pertolongan Pertama Gigitan Manusia ?


Jika Anda menemukan kasus seperti ini, yang perlu dilakukan cukur rambut di daerah bekas gigitan hingga bersih, kemudian cuci dengan air sabun selama 5 menit, selanjutnya irigasi dengan betadin selama 5 menit. Kemudian bawa ke tempat layanan kesehatan terdekat guna mendapatkan perawatan luka yang baik dan obat-obatan seperti antibiotika dan ATS.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel