Apa Itu Penyakit Raynaud ?

Apa Itu Penyakit Raynaud ?
Sumber : healthdetik.com
Raynaud ( 1862 ), pertama kali mengemukakan gejala penyakit ini. Penyakit Raynaud merupakan suatu proses yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi karakteristik dengan adanya perubahan warna jari-jari karena rangsangan dingin atau gangguan emosional dan dapat berkembang menjadi gangren pada jari-jari dan biasanya simetris. Paling sering dijumpai pada wanita muda, mengenai jari-jari ekstremitas superior. Penyebabnya belum diketahui pasti.

Apa Gejala Penyakit Raynaud ?

  1. Mula-mula penyakit ini mengenai 1 atau 2 jari, kemudian secara bertahap mengenai semua jari. Kadang-kadang mengenai ekstremitas inferior.
  2. Pada serangan pertama terjadi vasokonstriksi hebat, terjadi iskemia, pucat dan nyeri pada jari. Kemudian diikuti fase aliran darah yang lambat, sehingga jari mulai sianotik, dan akhirnya terjadi vasodilatasi.
  3. Jari menjadi merah, hangat dan kebas ( parestesia ).
  4. Gejala awalnya ringan dan serangan hanya akan timbul pada cuaca dingin. Bila penyakit ini berlanjut, bulu-bulu jari akan terlepas, kulit menjadi tipis dan atrofi, kuku menebal dan akhirnya terjadi gangren pada jari.
Fenomena Raynaud merupakan fenomena dimana penyakit dasarnya diketahui, misalnya oleh skleroderma, lupus eritematosus, artritis reumatoid, dermatomiositis, arteriosklerosis obliterans, tromboembolisme, dan lain-lain.

Bagaimana Mengobati Penyakit Raynaud ?

  1. Untuk mengatasi penyakit ini dapat dilakukan simpatektomi servikotoraks, hindari cuaca dingin, mencegah trauma pada jari.
  2. Rasa cemas ( ansietas ) diatasi dengan obat penenang dan psikoterapi. Untuk mencapai kesembuhan yang memuaskan, simpatektomi harus dilakukan lebih awal. Simpatektomi dengan insisi transaksial dengan mereseksi sepertiga bawah ganglion stelatum, ganglion simpatis toraks II-V.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel