Cara penanganan Radang Gusi

Pernahkah gusi Anda tiba-tiba membengkak ? kemungkinan anda sedang menderita radang gusi, ingin mengetahui lebih lanjut ? kita simak  tentang cara penanganan radang gusi.

Radang Gusi ( Ginggivitis ) adalah merupakan proses inflamasi pada ginggiva marginal.Radang gusi ini dapat disebabkan oleh faktor lokal maupun faktor sistemik.faktor lokal diantaranya karang gigi, bakteri, sisa makanan ( plak ), pemakaian sikat gigi yang salah, rokok, tambalan yang kurang baik.Faktor sistemik meliputi Diabetes melitus ( DM ), ketidakseimbangan hormon ( saat menstruasi, kehamilan, menopouse, pemakaian kontrasepsi ), keracunan logam, dan sebagainya.


Apa gejala klinisnya ?
  • Penderita biasanya mengeluh mulut bau, gusi bengkak mudah berdarah, tanpa nyeri, hanya kadang terasa gatal.
  • Pada pemeriksaan gusi tampak bengkak, berwarna lebih merah dan mudah berdarah pada sondasi.Kebersihan mulut biasanya buruk.
  • Ginngivitis herpes biasanya disertai gejala herpes simpleks.Tanda di gusi tidak disertai bau mulut.
  • Salah satu bentuk radang gusi adalah perikoronitis yang gejalanya lebih berat : demam, sukar membuka mulut.
Penanganan
  • Anjurkan penderita untuk memperbaiki kebersihan mulut dan berkumur dengan obat kumur  iodium povidon atau H2O2 3% 3 x sehari selama 3 hari.Karang gigi dibersihkan dan lakukan fisioterapi oral.
  • Bila dengan perbaikan kebersihan tidak sembuh, Amoksisilin 500 mg 3 x sehari selama 5 hari, dan perlu dipikirkan kemungkinan sebab sistemik seperti DM.
  • Perikoronitis memerlukan antibiotik sistemik selama 5 hari : Amoksisilin atau eritromisin 500 mg 3 x sehari, dan jika diperlukan lakukan pengangkatan operculum.
 Referensi : Dari berbagai sumber

0 Response to "Cara penanganan Radang Gusi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel