Hordeulum : Mitos, Tanda dan Gejala

Hordeulum : Mitos, Tanda dan Gejala - Anda mungkin pernah mengeluh nyeri dan ada pembengkakan di tepi atau bagian bawah kelopak mata Anda, tanpa sebab yang jelas, mugkin Anda sedang menderita penyakit bintitan ( Hordeulum ).Ada mitos yang berkembang bahwa penyakit disebabkan karena penderita sering " mengintip " hayooo, mungkin kalau kita berpikir secara rasional kelihatannya alasan tersebut sangat tidak masuk akal, ya namanya juga mitos, Anda boleh percaya atau tidak percaya.

Seperti apa sebenarnya Penyakit Hordeulum ? Bagaimana mengenal tanda dan gejala Hordeulum ? dan bagaimana cara penanganannya ? mari kita sama-sama kita pelajari lebih lanjut tentang penyakit hordeulum.



Pengertian

Hordeulum merupakan suatu penyakit infeksi yang terjadi pada satu atau beberapa kelenjar di tepi atau dibawah kelopak mata.Bisa berbentuk lebih dari satu hordeulum pada saat yang bersamaan.Hordeulum biasanya muncul dalam beberapa hari dan bisa kambuh secara spontan.

Hordeulum ada  2 jenis yaitu hordeulum yang terdapat di bagian luar kelopak mata disebut hordeulum eksterna dan hordeulum yang terletak pada bagian dalam kelopak mata disebut hordeulum interna

Apa Tanda dan Gejala Hordeulum ?
  • Biasanya diawali dengan kemerahan, nyeri bila ditekan dan nyeri pada tepi kelopak mata.
  • Mata mungkin berair, peka terhadap cahaya terang dan penderita merasa ada sesuatu didalam matanya.Biasanya hanya sebagian kecil di daerah kelopak mata yang membengkak, meskipun ada seluruh kelopak mata membengkak.
  • Ditengah daerah yang membengkak sering kali terlihat bintik kecil yang khas dan berwarna kekuningan.
  • Bisa berbentuk abses yang cenderung pecah dan melepaskan sejumlah nanah.

Bagaimana mencegah dan mengobati Hordeulum ?

Hordeulum biasanya diobati dengan cara melakukan kompres hangat selama 10 menit sebanyak 4 kali sehari.Jangan mencoba memecahkan hordeulum, biarkan pecah sendiri agar tidak bertambah parah dan memperbesar peradangan.

Bila perlu lakukan pemeriksaan dengan kontak dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut bila hordeulum tidak dapat diatasi dengan cara diatas.

Pencegahan yang terbaik agar Anda terhindar dari penyakit bintitan ( hordeulum ) adalah selalu membiasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh daerah disekitar mata.Bersihkan minyak yang berlebihan ditepi kelopak mata secara perlahan.

Kesimpulan

Jadi sudah sangat jelas bahwa penyakit hordeulum merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan juga berkaitan dengan masalah kebersihan, jadi tidak ada hubungan penyakit ini dengan mitos seperti yang telah disebutkan diatas.

0 Response to "Hordeulum : Mitos, Tanda dan Gejala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel