Batuk - Pilek dan Demam belum tentu Flu Biasa

Flu burung ( Avian Influenza ) adalah penyakit menular akut yang disebabkan oleh virus yang pada umummnya menyerang unggas dan dapat juga menular dari unggas ke manusia.

Apa Penyebab Flu Burung ?

Virus influenza tipe A sub-tipe H5N1 merupakan penyebab flu burung.


Flu burung ( Avian Influenza ) adalah penyakit menular akut yang disebabkan oleh virus yang pada umummnya menyerang unggas dan dapat juga menular dari unggas ke manusia.

Bagaimana cara penularannya ?

Penularan penyakit ini kepada manusia dapat melalui 4 cara :
  1. Binatang : kontak langsung dengan unggas yang sakit atau produk unggas yang sakit.
  2. Lingkungan : udara atau peralatan yang tercemar virus tersebut baik yang berasal dari tinja atau sekret unggas yang terserang virus flu burung ( A1 ).
  3. Manusia : sangat terbatas dan tidak efisien ( ditemukannya beberapa kasus dalam kelompok / cluster ).
  4. Komsumsi Produk unggas yang tidak dimasak  dengan sempurna mempunyai potensi penularan virus flu burung
Gambaran Klinis

Masa inkubasi rata-rata 3 ( 1-7 ).masa penularan pada manusia adalah 1 hari sebelum dan 3-5 hari setelah gejala timbul, sedangkan penularan pada anak dapat mencapai 21 hari.Gejala yang ditimbulkan sama seperti flu biasa, ditandai dengan demam mendadak ( suhu 38oC ), batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak, sakit kepala, malaise, muntah, diare dan nyeri otot.

Tersangka flu burung ( suspek )

Apabila demam ( suhu 38oC ) disertai satu atau lebih gejala sebagai berikut :
Disertai satu atau lebih dari pajanan dibawah ini dalam 7 hari sebelum timbulnya gejala :
  • Kontak erat ( dalam jarak 1 meter ), seperti merawat, berbicara, atau bersentuhan dengan pasien tersangka ( suspek ), probabel atau kasus H5N1 yang sudah konfirmasi.
  • Terpajan ( misalnya, menyembelih, mencabuti bulu, memotong, mempersiapkan untuk komsumsi ) dengan ternak ayam, unggas liar, bangkai unggas atau terhadap lingkungan yang tercemar oleh kotoran unggas itu dalam wilayah dimana infeksi H5N1 pada hewan atau manusia telah dicurigai atau dikonfirmasi dalam satu bulan terakhir.
  • Mengkomsumsi produk unggas mentah atau yang tidak dimasak dengan sempurna di wilayah yang dicurigai atau dipastikan terdapat hewan atau manusia yang terinfeksi H5N1 dalam satu bulan terakhir.
  • Kontak erat dengan binatang lain 9 selain ternak unggas atau unggas lain ), misalnya kucing atau babi yang telah dikonfirmasi terinfeksi H5N1.
  • Memegang /menangani sampel ( hewan atau manusia ) yang dicurigai mengandung virus H5N1 dalam suatu laboratorium atau tempat lainnya.
  • Ditemukan leukopenia ( dibawah nilai normal ; 5000 - 10.000 ).
  • Ditemukan titer antibodi terhadap H5 dengan pemeriksaan uji H1 menggunakan eritrosit kuda atau uji ELISA untuk influenza A tanpa sub-tipe.
  • Foto toraks menunjukkan pneumonia yang cepat memburuk pada serial foto.
Penderita ( konfirmasi ) flu burung
  • Apabila ada tersangka disertai satu dari hasil positif berikut ini yang dilaksanakan di laboratorium influenza nasional, regional atau internasional yang hasil pemeriksaan H5N1-nya diakui oleh WHO sebagai konfirmasi :
  1. Isolasi virus influenza A/H5N1 positif.
  2. Hasil PCR influenza A/H5N1 positif.
  3. Peningkatan *4 kali lipat titer antibodi netralisasi untuk H5N1 dari spesimen konvalesen dibandingkan dengan spesimen akut ( diambil*7 hari setelan onset penyakit ), dan titer antibodi netralisasi harus pula *1/80 ).
  4. Titer antibodi mikronetralisasi H5N1*1/80 pada spesimen serum yang diambil pada hari ke*14 setelah onset penyakit disertai hasil positif hasil uji serologis lain, misalnya titer HI sel darah merah kuda*1/60 atau western blot specific
  5. H5 positif.
Bagaimana pengobatan flu burung ?
Tersangka flu burung diberikan oseltamivir 75 mg 2 x sehari selama 5 hari.
Pemberin tersebut harus mengikuti sistem skoring yang telah disepakati ( lihat di buku Pengendalian flu burung dan Penggunaan Oseltamivir di Puskesmas, 2006 )
Setiap pemberian oseltamivir harus berdasarkan resep dokter dan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan format yang tersedia.
Oseltamivir tidak direkomendasikan untuk profilaksis dan pemberiannya oleh dokter.

Bagaimana mencegah Flu burung ?

Upaya pencegahan pebularan dapat dilakukan dengan menghindari bahan yang terkontaminasi tinja dan sekret unggas, dengan tindakan sebagai berikut :
  1. Setiap orang yang berhubungan dengan bahan yang berasal dari pencernaan unggas harus menggunakan pelindung ( masker, kacamata renang ).
  2. Bahan yang berasal dari saluran cerna unggas seperti tinja harus ditatalaksana dengan baik ( ditanam/dibakar ) agar tidak menjadi sumber penularan bagi orang sekitarnya.
  3. Alat-alat yang dipergunakan dalam peternakan harus dicuci dengan desinfektan.
  4. Kandang dan tinja tidak boleh dikeluarkan dari lokasi peternakan.
  5. Mengkomsumsi daging  ayam yang telah dimasak paling kurang pada suhu 80oC selama 1 menit, sedangkan telur unggas perlu dipanaskan pada suhu 64oC selama 5 menit.
  6. Memelihara kebersihan lingkungan.
  7. Menjaga kebersihan diri
  8. Bagi yang tidak berkepentingan, dilarang memasuki tempat peternakan.
  9. Apabila terkena influenza dilarang memasuki tempat peternakan.
  10. Jika sedang bercocok tanam dengan menggunakan pupuk kandang diharuskan menggunakan sarung tangan dan masker.
  11. Setiap pekerja peternakan, pemotong unggas dan penjamah unggas yang terkena influenza segera ke puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya.
Referensi : Dari berbagai Sumber

0 Response to "Batuk - Pilek dan Demam belum tentu Flu Biasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel