Tahap perkembangan blog yang wajib Anda ketahui


Mungkin anda sering mendengar slogan “Tidak ada makan siang gratis” ya seperti itulah realita pada kehidupan nyata termasuk di dunia blogging, para blogger yang sukses dan kaya raya dari dunia blogging tidak serta merta berhasil dalam sekejap pandangan mata,akan tetapi keberhasilan mereka membutuhkan sebuah komitmen dan  proses perjuangan dan perjalanan panjang.
Inilah sebenarnya prinsip utama yang harus anda pahami benar, jika anda ingin serius menjadikan dunia blogging sebagai sebuah sumber penghasilan dan kesuksesan anda  sehingga anda tidak akan mudah putus asa dan berhenti sebelum berhasil, karena anggapan anda dunia blogging tidak seperti yang dibayangkan.
Mengapa banyak blogger merasa kecewa dan berhenti ketika ,merasa tidak bisa meraih penghasilan di dunia blogging?
Sebenarnya sebelum terjun kedunia blogging, kita harus mengetahui dan memahami benar tentang tahap-tahap pertumbuhan sebuah blog,karena banyak blogger yang berhenti dan kecewa karena tidak memahami dasar dasar pertumbuhan blog.
Ada beberapa tahap perkembangan blog yang wajib anda ketahui jika anda memang serius untuk terjun didunia blogging,diantaranya :
Tahap Pendirian
  • Seperti anda membangun sebuah Toko dll,anda akan melakukan segala upaya untuk mewujudkan seperti apa toko yang anda inginkan,dan tentunya anda akan melakukan banyak investasi baik tenaga,fikiran dan biaya agar toko anda cepat siap.
  • Sama halnya jika anda baru membangun dan membuat sebuah blog tentunya anda akan berusaha keras agar blog anda sesuai dengan harapan anda.jadi pada tahap ini anda jangan coba berharap sudah bisa mendapatkan penghasilan dari blogging.( karena hal inilah yang banyak terjadi, banyak blogger yang baru membangun sebuah blog dan berharap bisa mendapatkan penghasilan, inilah pemikiran yang keliru ) Jadi ikuti tahap ini dengan baik dan beberapa tips pada tahap ini :
  • Pada fase ini anda harus fokus bagaimana membuat konten yang berkualitas dan juga secara Kuantitas jadi Rangenya 100 – 150 konten.
  • Lakukan setup blog yang SEO friendly, instal plugin yang diperlukan, kemudian tampilan blog anda harus simpel dan menarik, dan jangan lupa lakukan search engine Optimization ( SEO ).
Tahap pertumbuhan traffik
  • Jika anda melakukan tahap awal dengan baik dan mengikuti aturan yang benar maka anda akan berada pada tahap selanjutnya yaitu tahap pertumbuhan traffik, nah pada tahap ini biasanya ditandai dengan meningkatnya jumlah pengunjung blog anda, meningkatnya komentar di blog anda, meningkatnya pelanggan RSS blog anda dan yang perlu anda ingat bahwa pada tahap ini anda sudah mulai bisa mendapatkan penghasilan.
  • Jadi yang perlu anda lakukan pada tahap ini adalah tetaplah menulis artikel atau konten yang bermanfaat dan jangan lupa anda harus membangun backlinks yang berkualitas.
  • Tentunya dalam membagun baclink berkualitas,membuat konten yang bermanfaat memerlukan keseriusan dan usaha yang keras, akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena segala upaya dan kerja keras anda akan berbuah manis pada waktunya.Nah pada pada pertumbuhan traffik ini biasanya memerlukan waktu yang cukup panjang bisa 6-12 bulan, yang penting harus fokus dan konsisten ya.
Tahap Kematangan
  • Pada tahap ini biasanya ditandai dengan traffik yang tinggi dan stabil, banyaknya pelanggan RSS yang jumlahnya bisa mencapai ribuan, banyaknya postingan blogger tamu yang masuk.karena trafik dan pelanggan yang banyak, upaya memonetisasi blog akan lebih mudah, pemilik tinggal membuat deal dengan pemasang para pemasang iklan, optimasi PPC,Afiliasi,dan bahkan menjual produk atau jasa sendiri.tahap ini memerlukan waktu 6-12 bulan.
Tahap  Pemeliharaan
  • Tahap pemeliharaan ( Maintenance ) merupakan tahap yang paling menggembirakan.Sebagai contoh, blogger-blogger yang sudah mencapai tahap ini adalah Darren Rowse (problogger),John Chow, Yaro Starak, Daniel Scocco,Agus Ramdhani, Nurudin Jauhari dan sebagainya.
Jadi untuk mendapatkan penghasilan melalui dunia blogger, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena memerlukan proses yang panjang dan komitmen yang tinggi dan konsisten, yang perlu anda kerjakan adalah lakukan sekarang dan nikmati prosesnya, mudah-mudahan perjuangan anda akan berbuah manis, indah pada waktunya.Salam sukses

0 Response to "Tahap perkembangan blog yang wajib Anda ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel